Sukses

Penyakit Mental seperti Depresi dan Kecemasan Bisa Menular?

Inilah pendapat pakar perihal penyakit mental yang disebut dapat menular

 

 

Liputan6.com, Jakarta - Tidak benar bila ada yang berpikir bahwa penyakit mental kayak depresi, kecemasan, dan stres dapat menular seperti flu.

Menurut psikolog klinis dan forensik California Selatan, Judy Ho, tidak ada penyakit mental yang bisa menular, hanya saja dapat memengaruhi suasana hati orang lain.

Ketika kita menghabiskan waktu bersama orang-orang dengan gangguan kecemasan dan stres, misalnya, kita bisa mulai merasakan emosi yang yang mereka rasakan.

Jo, menekankan, emosi yang menular itu bukan berarti kita juga mengalami kondisi yang sama. Orang lain hanya saja menangkap emosi mereka dan mulai merasakan emosi yang sama.

"Penularan emosi adalah perasaan atau mengekspresikan emosi yang serupa dengan orang-orang di sekitar Anda, karena perasaan mereka membuat Anda percaya bahwa Anda harus memiliki reaksi emosional yang sama," kata Judy Ho seperti dikutip dari situs Health pada Selasa, 25 Juni 2019. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyakit Mental Bisa Menular?

Profesor Psikiatri Fakultas Kedokteran New York-Presbyterian/Weill Cornel School of Medicine, Gail Saltz menambahkan bahwa penyakit mental bukan disebabkan oleh agen infeksi dan oleh karena itu tidak dapat menular dari penderita.

Penyakit mental lebih rumit dari sekedar tertular flu atau stres karena masalah pertemanan.

"Penyakit mental diduga disebabkan oleh berbagai faktor genetik atau biologi dan lingkungan. Sebagian besar berasal dari sifat yang diwariskan," kata Gail.

"Faktor lingkungan seperti trauma, pelecehan atau bahkan paparan kondisi negatif dapat dikaitkan dengan penyakit mental," Gail menjelaskan.

Penulis : Febrianingsih Alamako

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini