Sukses

Mana yang Efektif Turunkan Berat Badan, Diet atau Olahraga?

Bukan cuma olahraga, ini alasan pakar sebutkan Anda perlu menjalani diet dan olahraga bila ingin menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Saat Lebaran, beberapa mengalami kenaikan berat badan. Meski hanya naik 1 kg, itu terjadi karena lupa mengontrol asupan makanan selama perayaan Lebaran kemarin.

Ketika berat badan naik, ada orang yang langsung mengatur pola makan alias diet tapi ada juga yang getol berolahraga. Manakah hal yang paling baik untuk menurunkan berat badan?

Professor Pendidikan Fisik dan Ilmu Olahraga Auburn University, Alabama, Amerika Serikat, Michele Olson mengatakan bahwa Anda tidak dapat menurunkan berat badan hanya dengan melakukan diet. Jadi, olahraga merupakan komponen penting untuk mencapai berat badan yang diinginkan. 

"Olahraga menstimulasi metabolisme tubuh maka sehingga membakar lemak tubuh lebih cepat. Angka pada timbangan mungkin tidak membuat Anda terkesan tapi massa lemak jadi berkurang, sehingga Anda terlihat lebih kurus," kata Olson, seperti dikutip dari Huffington Post, Selasa (11/6/2019).

Selain itu, Olson mengatakan tidak perlu melakukan olahraga setiap hari untuk menurunkan berat badan. Anda hanya perlu melakukan olahraga sebanyak lima hingga tujuh kali seminggu dengan durasi 50 menit dengan intensitas sedang.

Selain itu, jangan hanya melakukan olahraga angkat beban. Lakukan juga gerakan yang menggunakan berat badan Anda sendiri seperti squats, lunges, push up dan plank. Selain itu, Anda juga harus mengingat manfaat lain dari olahraga yaitu peningkatan kualitas tidur, penurunan kolestrol dan tingkat stres.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diet, Tentukan Keberhasilan Penurunan Berat Badan

Keberhasilan menurunkan berat badan memang tak hanya soal diet. Menurut Biochemist Nutritional dan Mantan Direktur Klinik Nutrisi University of Utah, Shawn M. Tallbot, keberhasilan menurunkan berat badan dipengaruhi 75 persen karena diet dan 25 persen berkat olahraga. 

Sebuah studi yang menganalisis 700 orang, mengungkapkan hasil terbaik dalam jangka pendek didapatkan dengan memiliki pola makan yang baik. Rata-rata seseorang yang diet tanpa melakukan olahraga dalam jangka waktu 15 minggu berat badannya turun 10 kg. Sebaliknya yang hanya melakukan olahraga hanya kehilangan sekitar 3 pon dalam jangka waktu 21 minggu.

Penulis: Khairuni Cesario

 

Saksikan juga video menarik berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.