Sukses

Pria Punya 2 Jenis Payudara yang Unik

Menurut sains, pria punya dua jenis payudara yang unik.

Liputan6.com, Jakarta Pria memiliki dua jenis payudara yang unik, yaitu ginekomastia dan pseudoginektomi. Kedua jenis payudara pria terbentuk dari jaringan kelenjar dan lemak. Hal itu serupa dengan jaringan yang membentuk payudara wanita.

Ahli bedah plastik yang berbasis di New York City, Norman Rowe menjelaskkan dua jenis payudara pada pria.

"Ginekomastia adalah jenis payudara yang berasal dari perkembangbiakan kedua jenis jaringan (kelenjar dan lemak), sedangkan pseudoginekomastia bisa dikatakan kelebihan jaringan lemak," jelas Dowe, dikutip dari Fatherly, Jumat (24/5/2019).

Kelebihan jaringan lemak yang terlihat sebagai pseudogynecomastia cukup mudah untuk diatasi. Hal ini dipengaruhi dari kelebihan berat badan dan gaya hidup, seperti makan banyak dan berolahraga sedikit.

"Secara teori, itu bisa diobati dengan sedot lemak. Tetapi rajin pergi ke gym dan makan dengan baik adalah cara yang lebih praktis (dan lebih murah). Namun, penting untuk diketahui bahwa sedot lemak bukanlah pengobatan untuk obesitas," tambah ahli bedah plastik Victor Perez.

Anda bisa diet dan olahraga untuk mencapai berat badan yang sehat. Payudara pun bisa terbentuk dengan baik.

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyoal ginekomastia

Jenis payudara ginekomastia dapat diatasi dengan menurunkan berat badan. Penyebab terjadi ginekomastia berasal dari ketidakseimbangan hormon karena penggunaan steroid anabolik atau hormon sintetis (dan penyalahgunaan), penghambat hormon, antidepresan, dan masalah tiroid.

Gagal ginjal serta penyakit yang mengganggu kadar estrogen pria juga bisa muncul ginekomastia. Dalam penanganan lebih lanjut, ginekomastia lebih rumit untuk diobati daripada pseudoginekomastia, menurut Perez.

Ini karena tidak hanya memerlukan pengangkatan lewat bedah dari jaringan payudara yang berlebih, tetapi juga perawatan ketidakseimbangan hormon yang mendasarinya.

"Setiap perubahan karakteristik payudara pada pria harus dinilai oleh dokter," Perez merekomendasikan. "Dalam kebanyakan kasus, karakteristik payudara dapat dikaitkan dengan ginekomastia. Tapi harus disebutkan, kanker payudara pria adalah kanker langka yang bisa terbentuk di jaringan payudara pria."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.