Sukses

Memijat 3 Titik Ini Bantu Redakan Sesak Napas

Memberikan pijatan (akupresur) di tiga titik ini bisa jadi pertolongan pertama mengatasi sesak napas.

Liputan6.com, Jakarta Sesak napas bisa datang kapan saja. Bila tidak ada obat di sekitar Anda, memberikan pijatan (akupresur) di tiga titik ini bisa jadi pertolongan pertama mengatasi sesak napas.

"Caranya sederhana, asalkan tubuh percaya dan fokus saat memijat hasilnya akan bagus sekali," kata Sukeria kepada wartawan dalam kunjungan bersama Kementerian Kesehatan di Kintamani, Bali beberapa waktu lalu ditulis Minggu (19/5/2019).

Mengenai cara memijat, Sukeria tidak membatasi. Bisa ditekan atau diputar-putar di area tersebut juga bisa. Soal tekanan pijatan bisa dimulai dari yang ringan. 

 

Berikut tiga titik yang bila dipijat bisa membantu mengatasi sesak napas:

- Belakang Leher

Coba pegang belakang leher Anda, lalu sentuh area perbatasan antara leher dengan pundak. Tepat pada bagian belakang leher, beri pijatan sebanyak 30 kali tekanan. Lebih baik dibagi menjadi 10 tekanan sebanyak tiga kali.

- Dada

Di bagian tengah dada, yang sejajar dengan puting susu, tekan bagian tersebut sebanyak 30 kali tekanan.

- Kaki

Lokasi yang terletak pada pertengahan antara tulang tempurung lutut dengan mata kaki bagian luar. Bisa ditepuk-tepuk atau memberi pijatan di bagian tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.