Sukses

Kurang Tidur, 4 Cara Ini Bantu Kamu Tetap Semangat Jalani Hari

Menjaga asupan air putih hingga menghindari makan junk food, ini cara tetap semangat jalani hari ketika kurang tidur.

Liputan6.com, Jakarta Tetap harus bangun pagi sementara semalam begadang menonton pertandingan sepakbola atau hal lainnya membuat kurang tidur. Tentu saja, jumlah tidur yang kurang dari tujuh jam membuat tubuh jadi lemas. 

Walau begitu ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar lebih semangat menjalani hari ketika kurang tidur. Seperti dilansir dari Runtastic, berikut empat caranya. 

1. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Jika merasa benar-benar kelelahan di pagi hari pasatikan minum air yang banyak untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jika tidak, tubuh akan mengalami dehidrasi dan Anda akan merasa lelah sepanjang hari.

2. Lakukan aktivitas fisik

Cukup dengan berjalan kaki akan membangunkan tubuh sekaligus pikiran. Usahakan untuk melakukan aktivitas fisik di bawah sinar matahari. Cahaya matahari membantu menghalangi produksi hormon tidur.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Junk Food

Mungkin Anda akan tergoda untuk minum kafein untuk membuat tubuh tetap bangun. Bagaimanapun juga, minumlah kafein secukupnya. Kafein dapat membuat tubuh merasa gelisah.

Dianjurkan untuk menggantinya dengan mengonsumsi buah, air yang dicampur cairan lemon, dan makanan yang kaya akan protein (almond, kacang-kacangan). Jauhi makanan tidak sehat dan tinggi karbohidrat dan lemak seperti pada junk food. 

Studi dari Physiology & Behaviour pada tahun 2012 menjelaskan bahwa mengunyah permen karet juga dapat membantu meredakan kantuk.

4. Sempatkan waktu untuk tidur siang

Tidur siang untuk sementara waktu dapat mengisi energi kembali. Pastikan untuk beristirahat tidak lebih dari 20 menit, karena tidur siang melebihi 20 menit dapat membuat Anda merasa lebih lelah dari sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.