Sukses

Jakarta Bakal Punya Aplikasi Layanan Konseling Kejiwaan

Liputan6.com, Jakarta Di era teknologi yang makin canggih DKI Jakarta tengah mempersiapkan aplikasi layanan konseling online gratis. Nantinya, masyarakat yang memiliki masalah kejiwaan bisa dengan mudah menggunakan layanan ini.

"Konseling online saat ini sedang diproses untuk segera rilis. Saat ini sudah pada tahap finishing development (tahap penyelesaian)," kata Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular, Kesehatan Jiwa, dan NAPZA Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Endang Sri Wahyuningsih seperti dikutip Antara, Jumat (3/5/2019).

Aplikasi layanan konseling online ini memungkinkan pengguna bercakap-caka dengan konselor kompten dari Dinas Kesehatan DKI maupun organisasi profesi. Rencananya aplikasi ini akan selesai akhir bulan ini.

Selain menjadi 'telinga' dinas bagi masyarakat dengan gangguan psikologis, aplikasi layanan konseling daring tersebut juga akan membantu Dinas Kesehatan dalam menilai masalah psikologis pengguna dan kebutuhan terapinya.

"Jadi, nanti konselor kami akan melihat apakah pengguna memerlukan pendampingan hingga rujukan ke puskesmas atau rumah sakit, tergantung berat-ringannya kasus," kata Endang.

2 dari 3 halaman

Kesehatan Jiwa Sama Pentingnya dengan Kesehatan Fisik

Endang mengatakan layanan konseling daring bisa menjadi langkah awal untuk secara cepat, mudah dan terjangkau menyebarkan kesadaran mengenai pentingnya kesehatan jiwa di kalangan masyarakat.

"Kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Ada beberapa penyakit fisik yang dilatarbelakangi masalah psikologis yang tidak disadari oleh pasien," ujarnya.

"Dan untuk masyarakat yang masih ragu untuk mencari bantuan, layanan konseling online yang mudah bisa menjadi pilihan apabila ragu untuk melakukan konseling langsung," Endang melanjutkan.

Selain konseling daring, Dinas Kesehatan sudah punya aplikasi gratis E-Jiwa yang ditujukan untuk mendeteksi masalah kesehatan jiwa. Melalui aplikasi E-Jiwa, pengguna dapat mengetahui apakah mereka punya masalah psikologis dan membutuhkan pendampingan atau terapi.

DKI Jakarta juga menugaskan 17 psikolog klinis memberikan pelayanan di puskesmas-puskesmas untuk warga yang membutuhkan layanan konsultasi psikologi langsung dengan tarif terjangkau. (Sumber: Antara)

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Aplikasi Android untuk Pantau Jadwal Imsakiyah
Artikel Selanjutnya
Ibadah Puasa Lebih Asyik dan Produktif dengan 5 Aplikasi Ini