Sukses

Pagi, Siang, atau Malam Waktu yang Tepat untuk Olahraga Bakar Lemak?

Liputan6.com, Jakarta Menentukan waktu yang tepat untuk berolahraga menjadi sebuah tantangan. Ada yang bilang bahwa melakukan olahraga di pagi hari bisa membakar lebih banyak lemak.

Tak sedikit pula yang percaya, beraktivitas fisik di sore hari jauh lebih optimal, karena tubuh sudah terisi banyak makanan.

Melansir dari situs Time pada Jumat, 5 April 2019, berikut penjelasan mengenai waktu untuk melakukan olahraga berdasarkan ilmu pengetahuan:

1. Pagi hari

Olahraga di pagi hari saat perut masih kosong adalah cara terbaik untuk membakar lemak. Berolahraga di pagi hari menjadi waktu yang ideal jika ingin menurunkan berat badan.

Mengapa demikian? Anthony Hackney, seorang professor departemen olahraga dari Universitas North Carolina, Chapel Hill, mengatakan, hal ini disebabkan komposisi hormon tubuh di pagi hari mendukung tujuan tersebut

“Pada pagi hari, Anda memiliki profil hormon yang memengaruhi metabolisme tubuh. Secara alamiah, hormon pertumbuhan dan kortisol meningkat, yang akan memengaruhi metabolisme tubuh. Sehingga Anda akan menggunakan lemak cadangan sebagai energi," kata Anthony.

 

2 dari 5 halaman

Olahraga di pagi hari

Para peneliti juga mengatakan bahwa olahraga di pagi hari menyebabkan kehilangan selera makan sepanjang hari, yang dapat membantu keinginan untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Physiology menyatakan bahwa berolahraga pada pukul 07.00 pagi menggeser jam biologis tubuh lebih awal.

Tubuh akan merasa lebih peka di pagi hari dan lelah lebih cepat dimalam hari. Hal ini akan membuat Anda mendapatkan istirahat yang cukup untuk melakukan hal yang sama di esok hari.

Penelitian lain juga mengatakan bahwa lebih mudah untuk menjaga pola sehat yang dilakukan di pagi hari.

Olahraga di pagi hari juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan produktivitas sepanjang hari. Namun, jangan memaksakan diri jika Anda bukanlah orang yang gemar bangun pagi.

“Anda mungkin berolahraga tetapi dalam tingkat intensitas yang sangat rendah, yang menyebabkan Anda tidak menghabiskan banyak energi,” kata Hackney.

 

3 dari 5 halaman

Olahraga siang hari

Anthony mengatakan bahwa siang hari bukanlah waktu yang buruk untuk melakukan olahraga, jika Anda berusaha melakukan rutinitas yang panjang.

Olahraga di pagi hari ideal untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan tetapi olahraga di siang hari akan memberikan tambahan energi disebabkan makanan yang telah dikonsumsi.

Sebuah studi dari Journal of Physiology juga menemukan bahwa olahraga di antara pukul 01.00 siang sampai pukul 04.00 sore dapat meningkatkan jam biologis tubuh. Persis seperti olahraga di pagi hari.

 

 

4 dari 5 halaman

Olahraga malam hari

Bagi banyak orang, olahraga paling nyaman untuk dilakukan setelah kerja. Tetapi ada suatu opini kuat bahwa olahraga di malam hari akan menyebabkan sulit tidur.

Studi dalam Journal of Physiology mengatakan bahwa olahraga di antara pukul 07.00 malam sampai pukul 10.00 memperlambat jam biologis tubuh. Hal inilah yang membuat seseorang sulit tidur.

Anthony juga mengatakan bahwa selama olahraga tidak dilakukan maka waktu tidur tidak akan terganggu. Aktivitas untuk menurunkan stress seperti yoga juga bisa dilakukan untuk membantu tidur lebih nyenyak.

Tetapi juga muncul sebuah penelitian yang baru dipublikasikan dalam Journal Experimental Physiology bahwa olahraga di malam hari tidak menggangu waktu tidur. Olahraga di malam hari juga dapat menurunkan rasa lapar yang membantu penurunan berat badan.

 

 

5 dari 5 halaman

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk olahraga?

Anthony menarik kesimpulan bahwa pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk berolahraga karena keuntungan yang didapatkan lebih banyak. Namun, tidak ada waktu yang buruk untuk berolahraga. Hal paling penting adalah untuk melakukannya pada waktu yang sesuai dengan kondisi Anda.

“Jika Anda ingin berolahraga di pagi hari, lakukan. Jika anda ingin melakukannya di malam hari maka lakukanlah. Jika diri anda tidak sesuai dengan perilaku anda maka hal tersebut tidak akan bekerja dengan baik” kata Anthony.

 

Penulis: Khairuni Cesario

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Tetap Bugar Usai Melahirkan Anak Keempat, Nadia Mulya Kuat Gendong Suami
Artikel Selanjutnya
Titiek Soeharto: Negara Harus Kembali Memasyarakatkan Olahraga