Sukses

Tak Baik Gunakan Make Up Saat Olahraga, Bahaya bagi Kulit

Berhenti kebiasaan menggunakan make up saat olahraga

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda menggunakan make up ketika sedang olahraga? Melansir situs Women's Health pada Rabu, 27 Maret 2019, ternyata menggunakan riasan ketika beraktivitas fisik tidak sehat bagi tubuh, khususnya kulit.

"Riasan menutupi permukaan kulit Anda dan juga pori-pori. Saat ber-olahraga, Anda memproduksi keringat dan minyak yang membuat pori-pori menjadi padat dan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan," kata dokter kulit dari Union Square, San Francisco, Amerika, Yunyoung Claire Chang.

Hal ini juga yang dapat memicu berkembang biaknya jerawat.

Dokter kulit dari Smarter Skin Dermatology, New York, Sejah Shah, menambahkan, terlebih jika Anda melakukan olahraga di malam hari, akan semakin memperparah kulit wajah. 

"Tidak lagi hanya riasan," kata Sejah.

"Anda juga memiliki partikel mikro dan polutan lingkungan yang menempel pada lapisan riasan kulit Anda." Sejah menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan gunakan make up saat olahraga

Secara garis besar, jika menggunakan riasan wajah saat berolahraga dapat menimbulkan gangguan pada kulit wajah, seperti pori-pori tersumbat, kekusaman, dan jerawat berlebih.

Berikut hal-hal yang perlu diingat untuk membersihkan kulit Anda setelah berolahraga. 

1. Hindari gel pembersih, yang cenderung mengandung deterjen keras (seperti natrium lauril sulfat) dan pakailah bahan yang mengandung asam salisilat (obat untuk mengatasi masalah kulit), bahkan jika memiliki kulit berjerawat.

2. Jika suka membawa make up ke luar rumah, jangan lupa untuk membawa make up remover, serta kain untuk mengoleskannya ke wajah. Kain lembut lebih mudah membersihkan wajah Anda.

Penulis : Dara Elisabeth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini