Sukses

Sebelum Olahraga, Baiknya Makan Dulu atau Biarkan Perut Kosong?

Sebelum olahraga, sebaiknya perut dibiarkan kosong atau diisi makanan dulu?

Liputan6.com, Jakarta Sebelum olahraga, sebaiknya perut dibiarkan kosong atau diisi makanan dulu? Saat berolahraga tubuh membutuhkan energi agar bisa berolahraga dengan baik, dan makanan yang benar untuk bisa membangun massa otot.

Alex Silver-Fagan, seorang pesonal trainer, strength coach bersertifikat, dan instruktur fitnes mengatakan, sangat penting untuk makan makanan yang seimbang dua hingga tiga jam sebelum berolahraga agar tubuh bertenaga.

"Latihan dengan perut yang kosong bisa menyebabkan tubuhmu membakar protein dari otot untuk energi ketimbang glukosa (dari karbohidrat) yang ada di ginjal dan hati," tulis Silver-Fagan dalam buku berjudul Get Strong For Women.

Dalam buku tersebut, Silver-Fagan menuliskan apabila Anda ingin camilan sebelum sesi olahraga, makanan berupa karbohidrat kompleks dan protein adalah yang terbaik.

"Anda sebaiknya menghindari makanan berlemak dan makan berlebihan sebelumnya, yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan lesu," katanya.

Silver-Fagan menyarankan camilan sebelum berolahraga antara lain pisang atau selai kacang, apel, kacang, bubur dengan buah berry, kue beras dengan selai kacang.

Lantas bagaimana dengan makan setelah olahraga? Kata Silver-Fagan, saat berolahraga otot membutuhkan energi untuk memperbaiki otot dan membangun massa otot. Untuk itulah perlu makan besar yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks sekitar 30 menit setelah olahraga.

"Langsung mengonsumsi makanan berlemak akan memperlambat penyerapan nutrisi dari makanan Anda tapi itu tidak mengurangi manfaatnya atau membahayakan Anda," katanya. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan yang bisa dikonsumsi setelah olahraga

Berikut makanan yang bisa Anda konsumsi setelah olahraga seperti roti gandum dengan kalkun dan sayuran, ayam panggang dan ubi jalar, omlet putih telur dengan sayuran, protein shake (bubuk protein dengan air atau susu almond).

Apabila Anda ingin membangun otot dan menghilangkan lemak, Silver-Fagan menyarankan cobalah menghindari makanan olahan dan gula. Ini karena tubuh Anda mengubah karbohidrat sederhana ini menjadi lemak yang disimpan tanpa memperoleh nutrisi apa pun.

"Memotong atau mengurangi alkohol merupakan cara lain untuk menghilangkan lemak, alkohol adalah gula sederhana dan tidak mengandung nutrisi."

Dan jangan lupa untuk minum secukupnya agar olahraga efektif dan bagus untuk kesehatan. Tubuh kita mengandung 80 persen air dan ini berperan penting dalam fungsi tubuh. "Tetaplah terhidrasi dengan minum setidaknya delapan gelas per harinya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.