Sukses

Mengenal Fungsi Ginjal Bagi Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang punya peran luar biasa bagi tubuh. Mulai dari membersihkan darah hingga mengatur tekanan darah.  

Dokter spesialis penyakit dalam RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Aida Lydia menjelaskan fungsi ginjal dalam konferensi pers World Kidney Day 2019 beberapa waktu lalu.

1. Ginjal adalah organ pembersih darah

Sekitar 100-125 ml/menit darah masuk ke ginjal untuk dibersihkan. Lalu, kotoran/limbah yang terdiri dari sisa-sisa metabolisme tubuh akan dikeluarkan melalui air seni.

2. Ginjal sebagai organ yang mengatur tekanan darah

Ginjal juga bekerja dalam pembuatan sel darah merah (yang bertugas mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh), bermanfaat bagi kesehatan tulang, dan mengatur tekanan darah.

 

2 dari 2 halaman

Sebagian masyrakat masih menyepelekan ginjal

Mengingat fungsi yang begitu penting masih banyak masyarakat yang masih menyepelekan pentingnya ginjal. Yakni dengan melakukan gaya hidup tak sehat.

Padahal, kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, obesitas, meminum alkohol, tidak berolahraga dapat menjadi faktor penyebab risiko penyakit ginjal seperti disampaikan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes Cut Putri Arienie.  

"PGK (Penyakit Ginjal Kronis) dapat berkembang menjadi suatu gagal ginjal tahap akhir jika tidak tertangani dengan baik, dan menyebabkan berbagai komplikasi bahkan kematian. Jika seseorang memasuki stadium akhir dari penyakit ginjalnya, maka ia akan membutuhkan suatu terapi pengganti ginjal diantaranya hemodialisis, peritoneal dialisis atau transplantasi ginjal." papar dr. Lydia dalam lembar konferensi pers. 

 

Penulis: Dara Elisabeth

Membanggakan, Via Vallen Raih Penghargaan Musik Di Rusia
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Pilihan untuk Para Penderita Penyakit Ginjal
Artikel Selanjutnya
Konsumsi Minuman Bersoda Setelah Olahraga Sebabkan Ginjal Rusak