Sukses

Waspadai 7 Tanda Penyakit Ginjal yang Tak Biasa

Liputan6.com, Jakarta Ginjal menjadi salah satu organ utama dalam tubuh. Berbagai fungsi dilakukan organ ini, seperti menyaring darah dan mensekresi atau membuang cairan dari tubuh. Karena terletak di bagian dalam tubuh, banyak orang tidak menyadari ginjalnya bermasalah. Padahal, beragam tanda akan muncul dari mereka yang mengalami penyakit ginjal

Dilansir dari Reader Digest, Kamis (15/3/2018), lebih dari 26 juta orang dewasa di Amerika Serikat hidup dengan penyakit ginjal. National Kidney Foundation pun mengakui, dari sekian banyak orang dengan penyakit ginjal, hanya 10 persen yang menyadarinya. Oleh sebab itu, berikut adalah tujuh tanda munculnya penyakit ginjal yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

1. Ruam atau gatal yang tidak biasa

Ginjal memiliki fungsi membuang limbah dan menjaga sistem peredaran darah yang dilengkapi dengan keseimbangan nutrisi dan mineral. Jika ginjal mengalami masalah, keseimbangan nutrisi dan mineral pun akan terganggu. Hal ini berpengaruh terhadap masalah pada kulit. Akibatnya, kulit pun menjadi gatal dan muncul ruam.

2. Rasa logam di mulut

Salah satu gejala penyakit ginjal ini disebabkan oleh penumpukan racun pada aliran darah. Hal ini menyebabkan munculnya rasa logam pada mulut atau bau napas yang tidak sedap. Oleh sebab itu, jika mengonsumsi makanan dan mulai terasa seperti logam, sebaiknya waspadai dan periksa kesehatan ginjal Anda.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mual atau muntah bisa jadi pertanda Anda alami penyakit ginjal

3. Mual atau muntah

Salah satu fungsi ginjal yakni membuang limbah dari dalam tubuh melalui pengeluaran air seni. Ketika mengalami masalah pada ginjal, limbah pun akan menetap di dalam tubuh. Akibatnya, Anda akan mengalami mual atau muntah.

Mual dapat menyebabkan kurangnya nafsu makan. Jika ini terjadi dalam jangka waktu lama, Anda akan mengalami penurunan berat badan yang tidak normal. Oleh sebab itu, jika sering mengalami mual atau muntah, segera periksakan ginjal Anda.

4. Buang air kecil yang tidak normal

Ginjal sangat erat kaitannya dengan urin. Oleh sebab itu, sering atau tidaknya Anda ke kamar mandi menjadi salah satu hal yang bisa dilihat. Hal ini karena keduanya bisa menjadi tanda Anda mengalami penyakit ginjal.

Sebagian orang yang mengalami penyakit ginjal sering merasakan dorongan palsu untuk buang air kecil, sementara lainnya mengatakan mereka buang air kecil dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Selain itu, ada juga yang mengatakan buang air kecil yang tidak normal sehingga mengganggu tidur mereka di malam hari.

5. Perubahan urin

Selain frekuensi buang air kecil, gejala lain yang harus Anda perhatikan adalah perubahan pada urin itu sendiri. Ketika mengalami penyakit ginjal, urin yang Anda keluarkan akan bercampur darah, berwarna berbeda dengan biasanya, dan konsistensi berbusa atau berbuih. Namun demikian, Anda juga harus mengetahui tanda-tanda gangguan lainnya, yakni batu ginjal.

 

3 dari 3 halaman

Pembengkakan pada beberapa area tubuh bisa jadi tanda penyakit ginjal

6. Pembengkakan pada kaki dan wajah

Salah satu fungsi ginjal yakni membuang cairan berlebih dari dalam tubuh. Ketika ginjal mengalami masalah, Anda akan mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, seperti kaki, tangan, dan wajah.

7. Mudah lelah

Penderita penyakit ginjal umumnya juga akan mengalami anemia ringan sampai berat. Hal ini karena gangguan pada fungsi ginjal dalam memantau jumlah sel darah merah. Akibatnya, Anda akan mengalami kelelahan. Gejala lainnya yang akan muncul yaitu sering kedinginan, pusing, dan sering kehabisan napas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.