Sukses

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil, Baik Bagi Perkembangan Janin

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang suka mengonsumsi buah mangga. Baik dimakan langsung sebagai buah irisan maupun diolah menjadi minuman jus yang menyegarkan. Berbagai jenis buah mangga bisa ditemui di Indonesia.

Buah mangga memiliki nama ilmiah yaitu Mangifera indica yang memiliki arti ‘pohon yang berbuah mangga berasal dari India’. Buah mangga yang matang sebagian besar memiliki rasa yang manis walaupun terdapat mangga yang memiliki rasa masam.

Buah mangga dapat diolah ke dalam berbagai olahan makanan maupun minuman. Seperti menjadi campuran es, minuman jus, irisan buah segar, manisan, buah mangga muda bisa dijadikan bahan rujak dan sebagainya.

Buah mangga baik dikonsumsi dari anak – anak hingga orang dewasa dan orang yang telah lanjut usia. Hal ini karena manfaat buah mangga yang terkandung di dalamnya. Manfaat buah mangga berguna untuk kesehatan tubuh.

Dilansir Liputan6.com, Selasa (12/3/2019) dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat buah mangga yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi buah favorit banyak orang ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat buah mangga bagi ibu hamil

Ternyata bagi ibu hamil, buah mangga dapat memberikan banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah bangga untuk ibu hamil.

1. Mendukung perkembangan janin

Manfaat buah mangga untuk ibu hamil yang pertama adalah membantu perkembangan janin dalam kandungan. Manfaat ini dapat dirasakan karena dalam kandungan buah mangga terdapat asam folat yang baik untuk pembentukan otak serta sum – sum tulang belakang janin. Selain itu dapat mencegah janin lahir prematur atau cacat saat lahir.

Vitamin A dalam buah mangga juga membantu pembentukan tulang, gigi, sistem mata, sistem jantung, paru – paru dan ginjal si bayi.

2. Mencegah anemia bagi ibu

Ibu yang sedang hamil yang mengonsumsi buah mangga akan bermanfaat untuk menjaga ketersediaan darah pada tubuhnya. Vitamin C dan zat besi yang terkandung berperan penting dalam pencegahan anemia.

Manfaat buah mangga bagi ibu hamil ini dapat membantu mencegah anemia selama mengandung maupun saat menjalani proses persalinan.

3. Mencegah gejala morning sickness

Morning sickness seperti perasaan mual saat pagi hari dapat dikurangi dengan mengonsumsi buah mangga. Vitamin B6 di dalam buah mangga ini yang membantu mengurangi gejala mual dan muntah – muntah akibat morning sickness.

4. Menyeimbangkan cairan tubuh

Saat hamil, seorang ibu akan membutuhkan cairan tubuh yang lebih banyak dari biasanya. Ibu yang sedang hamil akan rentan untuk mengalami dehidrasi. Nah, manfaat buah mangga bagi ibu hamil adalah dapat membantu menyeimbangkan cairan tubuh.

Kandungan eketrolit pada buah mangga dapat menjaga keseimbangan cairan pada tubuh sehingga kerja otak, jantung dan otot dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Walaupun banyak memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh bahkan saat kondisi hamil, mengonsumsi buah mangga disarankan jangan berlebihan. Hal ini karena buah mangga cukup banyak mengandung gula yang bisa meningkatkan resiko diabetes.

Selain itu bagi yang tak kuat dengan getah pada kulit mangga dapat mengakibatkan diare dan perut terasa mulas. Jadi sebaiknya, konsumsi buah manga dengan kadar secukupnya dan sewajarnya.

3 dari 3 halaman

Manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh secara umum

1. Mencegah kanker

Manfaat buah mangga yang pertama adalah dapat mencegah tumbuhnya kanker. Di dalam buah mangga terdepat senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kanker usus besar, kanker payudara, leukimia dan prostat.

2. Menyehatkan kulit wajah

Mangga bisa dijadikan bahan masker wajah yang menyehatkan bagi kulit wajah. Manfaat buah mangga satu ini dapat memberikan sensasi menyegarkan serta membantu memperbaiki pori – pori pada wajah.

Bagi kamu yang memiliki masalah jerawat, buah mangga bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi masalah jerawat pada wajah. Kamu tak perlu khawatir karena masker buah mangga cocok di berbagai jenis kulit.

3. Membantu menurunkan kolesterol

Tingginya kandungan serat dan vitamin C pada buah mangga ini bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain serat dan vitamin C, manfaat buah mangga dapat kamu rasakan karena banyak mengandung kalium adalah dapat menyeimbangkan sel cairan pada tubuh. Sel cairan pada tubuh tersebut berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat buah mangga selanjutnya adalah bisa membantu untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan mata. Di dalam buah mangga segar setidaknya terdapat 25 persen dari jumlah vitamin A harian yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Manfaat buah mangga ini baik untuk mencegah pandangan kabur pada malam hari dan mencegah mata menjadi kering.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi jus mangga dapat memberikan efek kekebalan pada tubuh. Hal ini karena buah mangga kaya akan vitamin A dan vitamin C serta 25 jenis karotin yang berbeda sehingga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi tetap sehat dan kuat.

6. Melawan penyakit stroke

Buah mangga yang mengandung air dan diolah menjadi jus dapat membantu melawan penyakit stroke. Hal tersebut karena dalam kandungan buah mangga yang kaya akan kalium sehingga mengontol tekanan darah dan mengontrol detak jantung.

Manfaat buah mangga ini mampu mengontrol tingkat homocystiene dalam darah yang jika berlebihan dapat memicu stroke akibat pembuluh darah yang terganggu.

Ini Alasan Finlandia Kembali Ditetapkan Negara Terbahagia
Loading