Sukses

Penyebab Bau Mulut pada Anak dan Cara Mengatasinya, Jangan Diabaikan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki masalah bau mulut memang cukup mengganggu. Bau mulut pun tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja. Karena anak-anak pun bisa juga mengalami masalah bau mulut.

Bau mulut sendiri merupakan kondisi medis yang disebut dengan halitosis. Tentu saja ini berkaitan dengan kesehatan mulut yang ditandai dengan bau tak sedap dari rongga mulut. Bau mulut pun dapat terjadi karena adanya bakteri yang menumpuk pada sela gigi dan juga mulut.

Bau mulut sendiri memang bisa dengan mudah dihilangkan jika bersifat sementara, yaitu dengan cara menyikat gigi. Akan tetapi jika bau mulut yang terjadi pada anak bisa jadi loh karena ada gangguan kesehatan. Nah, bila sang buah hati mengalami masalah bau mulut sebaiknya periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Penyebab bau mulut pada anak pun bermacam-macam. Sebagai orangtua tentunya harus bisa mewaspadai apa saja penyebab bau mulut pada anak. Sehingga hal ini bisa dihindarkan.

Liputan6.com pun telah merangkum penyebab bau mulut pada anak dari berbagai sumber, Selasa (5/3/2019). Selain itu, berikut ini ada cara mengatasi penyebab bau mulut pada anak yang bisa kamu lakukan.

 

2 dari 3 halaman

Penyebab bau mulut pada anak

Ada beberapa hal serta kondisi yang bisa dialami oleh anak yang mengakibatkan bau mulut. Dibawah ini merupakan penyebab bau mulut pada anak yang sering kali terjadi.

1. Mulut kering

Mulut kering bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut pada anak. Hal ini karena jika mulut dalam keadaan kering, maka produksi air liur dapat berkurang. Air liur sendiri memiliki peran sebagau penghilang bakteri dalam mulut serta menetralisir asam yang diproduksi oleh plak-plak. Selain itu, air liur pun memiliki fungsi untuk membasuh sel-sel mati yang menumpuk pada lidah.

Kondisi mulut kering ini biasa terjadi jika anak tidak makan ataupun minum dalam waktu lama, misalnya dalam keadaan bangun tidur.

2. Kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut

Kurangnya menjaga kebersihan gigi menjadi penyebab bau mulut pada anak yang utama. Hal ini bisa karena sang buah hati jarang untuk menyikat gigi hingga akhirnya akan memunculkan plak-plak di sela gigi. Plak sendiri terbentuk karena adanya sisa makanan atau minuman yang terselip di sela gigi yang mengakibatkan adanya bakteri mengumpul.

3. Gigi berlubang

Jika sang anak memiliki gigi yang berlubang, sebaiknya segera ditangani oleh dokter gigi. Karena bisa gigi berlubang pada anak tidak segara ditangani, maka sisa-sisa makanan akan terselip pada lubang tersebut dan nantinya akan menumpuk. Tentu saja sisa makanan yang ada ini lama kelamaan akan memubusk dan sang anak akan mengalami bau mulut.

4. Ada bakteri di lidah

Penyebab bau mulut pada anak selanjutnya ialah adanya bakteri pada lidah si kecil. Selain bakteri yang terdapat pada gigi, rupanya lidah pun bisa menjadi sarang bakteri.

Oleh karena itu, kamu pun sebaiknya mengajarkan sang anak untuk turut serta menjaga kebersihan lidah. Tentu saja kamu bisa mengajari anak untuk menggunakan alat khusus pembersih lidah.

5. Makanan dan minuman

Beberapa makanan dan juga minuman ternyata bisa mengakibatkan bau mulut. Makanan yang bisa mengebabkan bau mulut di antaranya ialah bawang putih, bawang merah ataupun bawang bombay. Makanan dari bawang ini memang memiliki aroma khas.

Aroma khas inilah yang bisa menjadi penyebab bau mulut pada anak. Selain itu, terlalu sering mengkonsumsi keju, jus jeruk dan juga soda pun dapat mengakibatkan bau mulut. Karena sisa-sisa dari makanan dan minuman tersebut nantinya bisa menyebabkan plak dan juga karang gigi.

 

3 dari 3 halaman

Cara atasi bau mulut

Bau mulut memang termasuk masalah kesehatan yang paling umum dirasakan oleh masyarakat baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Tentu saja karena hal inilah banyak masyarakat yang mencari cara untuk mengatasi bau mulut.

Cara mengatasi penyebab bau mulut pada anak pun tak jauh berbeda dengan orang dewasa, bahkan untuk mencegah terjadinya bau mulut pun bisa kamu atasi sejak dini loh.

1. Sikat gigi secara teratur

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan penyebab bau mulut pada anak ialah dengan selalu mengajarkan anak untuk rajin sikat gigit. Karena dengan sikat gigi, maka plak yang ada pada sela gigi dapat disingkirkan. Selain itu, kamu pun perlu untuk mengajari anak sikat gigi dua kali sehari serta bersihkan pula dengan dental floss satu kali sehari.

2. Bersihkan lidah

Selain memberihkan mulut dengan cara sikat gigi, kamu juga perlu loh untuk membersihkan lidah. Kamu bisa membersihkan lidah mengan menyikatnya menggunakan sikat gigi ataupun alat khusus untuk menyikat lidah. Alat ini pun memnag di rancang untuk membersihkan bakteri, susa makanan dan juga sel-sel mati.

3. Hindari makanan penyebab bau mulut

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa makanan dari bahan bawang ini memang menajdi penyebab mulut yang cukup besar. Bahkan sekalipun menyikat gigi dengan bersih, akan tetapi aroma bawang tetap ada pada mulut kamu

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
20 Kata-kata Bijak Tentang Kehidupan Sehari-hari, Bisa Jadi Sumber Semangat
Artikel Selanjutnya
Harga Samsung Galaxy A 2017, Smartphone Murah yang Tahan Air dan Debu