Sukses

4 Makanan Terbaik Saat Diare, Pastikan Anda Memakannya

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar dari Anda mungkin tahu, saat diare sebaiknya menjaga tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih, air kelapa, ataupun kaldu tulang, kaldu bening dan jahe akan membantu pemulihan Anda. Namun bagaimana dengan makanan?

Sebelumnya, kita perlu ingat bahwa diare dapat disebabkan oleh berbagai alasan termasuk infeksi virus, infeksi bakteri, keracunan makanan, obat-obatan, alergi makanan atau intoleransi makanan. Akan tetapi Anda tak bisa membiarkan tubuh kekurangan energi dan kelaparan.

Ahli diet Keri Glassman, R.D. memberikan saran makanan yang perlu Anda konsumsi selama diare, seperti berikut ini:

  1. Pisang
  2. Nasi
  3. Apel atau jus apel
  4. Roti panggang

"Makanan ini akan membuat feses lebih berisi. Anda juga bisa menambahkan sereal gandum," katanya seperti dilansir Today pada Jumat, 22 Februari 2019.

 

2 dari 2 halaman

Makanan untuk Diare

Di sisi lain, ada sejumlah makanan yang perlu Anda hindari ketika mengalami diare seperti misalnya, makanan pedas, jeruk, makanan berlemak, daging, sayuran mentah, buah, alkohol, dan pemanis buatan.

Anda mungkin juga perlu mempertimbangkan konsumsi probiotik agar pencernaan lebih sehat. Diare dapat membuat bakteri usus tidak seimbang dan probiotik (bakteri baik) dapat membantu menjaga kesehatan usus.

Bicaralah dengan dokter Anda sebelum membuat perubahan apa pun pada diet Anda atau memulai probiotik.

  • Diare adalah kondisi di mana feses yang dikeluarkan encer atau berair dengan frekuensi lebih sering daripada biasanya.
    Diare
Loading