Sukses

Ini Waktu Terbaik untuk Bakar Kalori Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Mungkin waktu-waktu berikut bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin memangkas kalori. Sebuah penelitian menemukan bahwa secara alami, orang akan membakar sekitar 10 persen kalori lebih banyak saat menjelang sore dan malam hari.

Studi tersebut diterbitkan di Current Biology. Selain itu, jumlah kalori yang terbakar pada tubuh Anda sesungguhnya bervariasi selama sepanjang hari.

Dikutip dari Evening Standard pada Minggu (5/1/2019), para ilmuwan di Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School menemukan tentang hal tersebut ketimbang di pagi hari. Ini memperkuat adanya hubungan antara metabolisme dan ritme sirkadian atau jam tubuh.

"Faktanya melakukan hal yang sama pada satu waktu dalam sehari membakar lebih banyak kalori daripada melakukan hal yang sama di waktu yang berbeda," kata penulis utama Kirzi-Marja Zitting.

Para peneliti menyatakan, ini membantu menjelaskan mengapa gangguan pola tidur dan makan yang sering dialami orang yang bekerja di sesi malam, membuatnya cenderung menambah berat badan.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Pembakaran kalori saat istirahat

Percobaan ini memakan waktu selama 37 hari. Tujuh peserta berada di laboratorium khusus tanpa jam, jendela, telepon, dan internet sehingga mereka tidak memiliki konsep waktu.

Mereka hanya diberitahu kapan harus pergi tidur dan bangun. Setiap malam, waktu disesuaikan empat jam lebih agar setara dengan melintasi zona waktu setiap hari selama beberapa minggu.

"Karena mereka melakukan hal yang sama dengan mengelilingi duni setiap minggu, jam internal tubuh mereka tidak dapat mengikuti dan karenanya akan berosilasi dengan kecepatannya sendiri," ujar rekan penulis Jeanne Duffy.

"Ini memungkinkan kami untuk mengukur tingkat metabolisme pada semua waktu biologis yang berbeda dalam sehari."

Duffy menambahkan, pembakaran kalori juga bukan hanya soal makan saja. Menurutnya, keteraturan dan kebiasaan makan dan tidur juga penting untuk kesehatan secara menyeluruh.

Namun, dia mengatakan bahwa penelitian ini tidak melihat ketika orang sedang berolahraga dan hanya saat orang-orang beristirahat. Dia juga menyarankan agar Anda menghindari makan di saat pembakaran kalori paling rendah yaitu di malam hari.

Sandi Janji Atasi Utang Emak-Emak Rumah Tangga

Tutup Video