Sukses

Belum Ada Cara Cegah Leukemia, Penyakit Kanker Darah Dian Pramana Poetra

Liputan6.com, Jakarta Musikus Dian Pramana Poetra meninggal dunia di usia 57 karena Leukemia. Pria yang terkenal dengan lagu Biru ini mengembuskan napas terakhir pada Jumat, 27 Desember 2018.

Leukemia merupakan salah satu tipe kanker darah. Penyakit satu ini yang menyerang di aliran darah atau sumsum tulang belakang. Kondisi ini terjadi ketika ada masalah dengan produksi sel darah. Orang yang terkena leukemia menunjukkan adanya pertumbuhan sel darah putih yang lebih pesat dibanding sel darah merah.

Hingga kini, belum ada metode atau cara yang terbukti bisa mencegah penyakit yang diderita Dian Pramana Poetra semasa hidup ini. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan guna mengurangi kemungkinan terkena penyakit ini seperti dilansir laman Verywell Health, Jumat (28/12/2018).

Beberapa hal yang bisa dilakukan di antaranya dengan mengurangi paparan bensol dan pestisida, menghindari radiasi medis yang tidak diperlukan, tidak merokok, rajin berolahraga, dan menjalani hidup sehat. Selain itu, menjaga berat badan ideal juga memiliki manfaat untuk mencegah Leukemia.

 

2 dari 2 halaman

Gejala awal leukemia

Ketika seseorang terkena leukemia di awal tidak terlihat gejala yang jelas. Namun, ada beberapa gejala yang kerap terjadi pada orang terkena leukemia seperti dilansir WebMD:

- Anemia dan gejala lain yang menyertai seperti gampang lelah dan merasa tak enak badan .

- Sering alami pendarahan pada hidung atau gusi atau menemukan ada cairan darah di urine.

- Nafsu makan menurun dan berat badan turun.

- Pembengkakan kelenjar getah bening.

Jika mengalami gejala tersebut ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk bisa mendapatkan penanganan yang tepat. 

 

Saksikan juga video menarik berikut