Sukses

Tak Sengaja Telan Permen Karet, Bahayakan Tubuh?

Permen karet bahkan jarang sekali bisa bertahan di dalam tubuh manusia lebih dari satu minggu.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang meyakini permen karet yang tak sengaja ditelan dapat bertahan di dalam tubuh selama bertahun-tahun dan tidak dapat hancur. Namun hal itu ternyata mitos belaka.

Hanya komponen sintetis dari permen karet yang tidak dapat dicerna yang tinggal di dalam tubuh. Namun bukan berarti komponen sintetis itu akan berada dalam tubuh selama bertahun-tahun.

Permen karet bahkan jarang sekali bisa bertahan di dalam tubuh manusia lebih dari satu minggu. Hal ini karena perut manusia akan mengosongkan isinya secara berkala dan memindahkannya ke usus kecil.

Menurut Fabian Ortega, peneliti Ohio State University, Amerika Serikat. Permen karet yang sengaja tak tertelan akan keluar dari tubuh. Usai tertelan, permen karet akan berada di usus kecil kemudian pindah ke usus besar, kemudian keluar saat kita buang air besar.

"Namun beberapa komponen permen karet, seperti pemanis, tetap dicerna oleh tubuh," tulis Fabian untuk yalescientific.org.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sulit BAB

Meski ada komponen yang dicerna, sering menelan permen karet bisa memunculkan masalah pada tubuh.

"Sering menelan permen karet dapat menyebabkan munculnya bezoar, sebuah material kecil yang tidak dapat dicerna yang berpotensi menyebabkan obstruksi usus atau sulit buang air besar," kata Edwin McDonald, seorang ahli gastrologi (spesialis sistem pencernaan) di University of Chicago.

 

Penulis: Cynthia Amanda Male

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini