Sukses

Trik Berikan Obat pada Bayi Tanpa Pipet

Saat anak demam, beberapa orangtua kesulitan untuk memberikannya obat sehingga digunakanlah pipet.

Liputan6.com, Jakarta Saat anak demam, beberapa orangtua kesulitan untuk memberikannya obat. Biasanya, dokter pun akan memberikan serta pipet tetes untuk menyesuaikan dosisnya.

Namun seorang ibu di Inggris memiliki cara yang praktis untuk memberikan obat pada bayi. Dialah Helena Lee, seorang perawat yang memberikan obat acetaminophen seperti Tylenol pada anaknya.

Apa yang dia lakukan? Seperti dilansir laman Prevention, Helena menggunakan jarum suntik (tanpa jarum) lalu menyelipkannya pada dot bayi. Hal ini, menurutnya, memudahkan dirinya memberikan obat pada bayi ketimbang harus menggunakan pipet tetes.

Tapi, bagaimana pun, American Academy of Pediatrics menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anak sebelum Anda memberikan obat apa pun kepada anak. Seorang ahli dapat membantu Anda menghitung dosis yang tepat (berdasarkan berat badan balita, bukan usia).

Untuk diketahui, Acetaminophen memiliki kandungan paracetamol yang bisa diberikan pada bayi demam. Obat ini biasanya tidak memiliki efek samping. Tapi bila terjadi efek yang tidak wajar, segera hubungi dokter. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.