Sukses

Menu Tepat dari Ibu, Kunci Sehat Satu Keluarga

Ibu adalah penentu menu makanan sehari-hari. Selain sehat, menu-menu tersebut harus aman.

Liputan6.com, Jakarta Ibu punya peran penting dalam menentukan pangan yang akan dikonsumsi keluarga. Bagaimana juga makanan yang aman dan bernutrisi, merupakan unsur utama guna mendukung anak dan keluarga yang sehat.

Dokter spesialis gizi klinis dari Rumah Sakit Pondok Indah, Juwalita Surapsari M. Gizi, mengatakan, tidak sulit bagi ibu menyediakan menu makanan sehat dan aman setiap hari, asalkan tahu apa yang harus dilakukan.

Dalam memilih bahan pangan, misalkan. Saat belanja di swalayan, Juwalita menyarankan untuk tidak tergiur diskon atau potongan harga yang lumayan besar. Biasanya, yang di-diskon itu adalah barang-barang lama, yang nilai gizinya sudah berkurang.

"Mendingan cari buah dengan harga terjangkau tapi masih segar," kata Juwalita dalam diskusi Menu Aman Pilihan Ibu, Inspirasi Hidup Sehat Keluarga di Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu, 12 Desember 2018.

Saat memilih buah potong, pastikan yang ibu ambil dari lemari pendingin atau yang masih ada es-nya. "Jadi masih segar." ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saat Memilih Daging Cincang

Begitu juga saat memilih daging cincang yang dijual sudah dalam bentuk kemasan. Dia, mengatakan, pastikan bahwa plastiknya tidak ada yang bocor. "Kalau dia bocor, air dari daging cincang bisa terkontaminasi ke makanan lain, atau sebaliknya. Itu bahaya."

Bijak dalam membeli bahan-bahan makanan untuk disantap sehari-hari adalah kunci supaya keluarga mendapatkan pangan yang tak hanya sehat, tapi juga aman.

"Ibu perlu untuk lebih memerhatikan keamanan pangan guna menghindari kontaminasi bakteri yang dapat menimbulkan penyakit bawaan pangan," kata Juwalita.

"Selain itu, ketelitian ibu dalam mempersiapkan bahan makanan dengan baik akan bermanfaat untuk menjaga kandungan gizi yang optimal dari makanan yang disajikan, karena dapat memengaruhi kesehatan dan masa depan keluarga," kata dia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini