Sukses

Ada Orang Tersambar Petir, 3 Pertolongan Ini Bisa Anda Lakukan

Pertolongan seperti ini yang bisa Anda berikan bila menemukan ada orang tersambar petir

Liputan6.com, Jakarta Direktur Georgia Emergency Management Agency (GEMA), Charlet English, mengatakan, petir bisa menjadi ancaman jika Anda tak berlindung di tempat yang benar.

Menurut Charlet, petir biasanya melukai sebanyak satu atau dua orang pada waktu yang bersamaan. Ketika Anda berada di dekat orang yang tersambar petir tersebut, sebaiknya segera memberikan pertolongan.

Sebab, orang yang tersambar petir dapat menderita berbagai macam masalah kesehatan yang terjadi dalam waktu lama.

Beberapa dia antaranya seperti gangguan tidur, mati rasa, pusing, dan kekauan pada sendi, cepat emosi, kejang otot, depresi, dan bahkan tidak memiliki kemampuan untuk duduk lama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertolongan pada Orang yang Tersambar Petir

 

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika menemukan ada orang yang tersambar petir, seperti dikutip dari situs ready.ga.gov, Rabu, 12 Desember 2018

1. Orang tersambar petir tidak akan membawa muatan listrik ke dalam dirinya. Tangani dan bantu segera orang tersebut.

2. Segera minta bantuan. Anda dapat langsung menghubungi Emergency Medical Service (EMS)

3. Orang yang tersambar petir membuat dirinya terbakar karena sengatan petir yang teramat tinggi. Tersambar petir dapat menyebabkan kerusakan sistem saraf, patah tulang, dan kehilangan pendengaran dan penglihatan. Berikanlah pertolongan pertama. Jika pernapasan telah berhenti berdetak, harus segera memberikan bantuan pernafasan (CPR).

Namun, jika orang tersebut memiliki denyut nadi dan masih bernapas, telepon dan segera bawa korban tersebut ke rumah sakit terdekat. Atau, Anda dapat menghubungi Palang Merah setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.