Sukses

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk dengan Cepat, Mudah Diterapkan di Rumah

Selain membekas, gigitan nyamuk juga bikin gatal dan nggak nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu serangga paling menyebalkan adalah nyamuk. Tak cuma suara, gigitannya yang bikin bentol dan gatal tentu paling dihindari orang. Bahkan, beberapa nyamuk bisa menyebarkan penyakit seperti demam berdarah dan malaria. Untuk itulah, kamu harus menjaga kebersihan lingkungan baik di dalam dan luar rumah untuk meminimalisasi jumlah nyamuk. 

Nyamuk memang serangga yang umum dijumpai di negara-negara tropis, salah satunya adalah di Indonesia. Jagalah kebersihan diri dan rumah agar terhindar dari serangan serangga pengisap darah ini. Nyamuk betina menentukan sasaran mangsanya berdasarkan kombinasi bebauan, hembusan napas, dan senyawa di dalam keringat seseorang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan diri agar tidak menjadi sasaran nyamuk. 

Bentol dan gatal di area bekas gigitan nyamuk timbul akibat senyawa yang disuntikkan nyamuk ke area gigitannya. Senyawa tersebut adalah sejenis protein pada sungut nyamuk yang memicu reaksi alergi ringan, sehingga timbul bentol. 

Rasa gatal pada gigitan nyamuk ini tentu saja sangat menyiksa. Nah berikut cara meringankan rasa gatal yang mengganggu seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Menempelkan benda dingin, baking soda, dan alkohol.

1. Menempelkan benda dingin

Kamu bisa menggunakan benda-benda dingin seperti es batu untuk ditempelkan ke kulit yang gatal. Ini bisa memberikan bantuan sementara dalam mengatasi gigitan nyamuk. Meskipun begitu, cara ini tidak bisa 'mengusir' protein air liur dari nyamuk. Paling tidak, hal tersebut bisa menenangkan gatal di kulit untuk untuk sementara.

2. Baking soda

Oleskan baking soda (disiapkan dengan mencampurnya bersama sedikit air) di area gigitan untuk meringankan rasa gatal. Jika kulit yang gatal meluas, tambahkan sedikit baking soda ke air mandi kamu. 

 

3 dari 7 halaman

Alkohol dan krim anti-inflamasi

3. Alkohol

Belilah tisu beralkohol di apotek terdekat dan gosokkan pada area yang digigit nyamuk. Ini bisa membunuh protein nyamuk yang ditinggalkan di kulit.

4. Menggunakan krim anti-inflamasi

Memakai krim anti-inflamasi akan mencegah gatal dengan menjaga rasa panas yang diinduksi gigitan tetap rendah. 

Sudah menggunakan berbagai cara mengusir nyamuk, tapi hewan yang satu ini masih saja berhasil menggigit kita. Bukan hanya sekedar gatal, gigitan nyamuk bisa meninggalkan bekas yang lama-lama menjadi seperti flek hitam di kulit.

Bekas gigitan nyamuk dapat mengganggu penampilan kamu. Apalagi jika bekas gigitan nyamuk itu berada di bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Berikut cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang cepat seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/11/2018).

4 dari 7 halaman

Cukai apel dan kulit pisang

5. Cuka Apel 

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang pertama adalah menggunakan cuka apel.

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan bahan alami ini bisa kamu coba di rumah. Bahkan, setelah digigit segera oleskan cuka apel agar rasa gatalnya segera mereda. Bekas gigitan nyamuk ditimbulkan oleh kebiasaan menggaruk. 

Cuka apel akan segera mengurangi rasa gatal sehingga kamu tidak lagi ingin menggaruk bekas gigitan nyamuk tersebut. Ambil bola kapas, lalu tuangkan cuka apel secukupnya ke bola kapas. Selanjutnya, kompres bekas gigitan nyamuk itu dengan bola kapas sampai rasa gatal dan nyerinya hilang. 

6. Kulit Pisang

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk selanjutnya dengan kulit pisang. Setelah makan pisang sebaiknya jangan langsung membuat kulitnya. Pasalnya, kulit pisang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk, sekalipun jika itu adalah bekas yang sudah lama dan menghitam.

Usapkan bagian dalam kulit pisang ke bekas gigitan nyamuk selama beberapa menit. Kemudian, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Selain kulit pisang, kamu juga bisa menggunakan bagian dalam kulit semangka untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk secara alami.

5 dari 7 halaman

Madu dan pare

7. Madu

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk lainnya adalah menggunakan madu. Madu merupakan antiseptik alami yang tidak akan mengakibatkan iritasi pada kulit. Kandungan antiseptik alami di dalam madu murni terbukti ampuh untuk memudarkan bekas gigitan nyamuk. Tak perlu menunggu lama, proses menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan madu terbilang sangat cepat. 

Gunakan madu ini saat kamu sedang berada di rumah seharian. Pasalnya, madu akan meninggalkan kesan lengket di kulit. Belum lagi aroma dan rasa madu yang manis bisa mengundang hewan lain untuk mendekati kamu. Oleskan madu secukupnya di bekas gigitan nyamuk, lalu tutupi dengan kain perban atau tisu dan diamkan selama semalaman.

8. Pare

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang terlihat unik adalah dengan pare. Sayuran hijau yang rasanya agak pahit ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang cukup efektif. Namun, kamu harus mencampur pare dengan tepung beras terlebih dahulu untuk membuat krim penghilang bekas gigitan nyamuk yang alami.

Tumbuk pare sampai halus, lalu ambil sari parenya. Campurkan air perasan pare ini dengan tepung beras, lalu olesan pasta pare ini ke bekas gigitan nyamuk. Setelah didiamkan selama beberapa jam, basuh bekas gigitan nyamuk dengan air hangat. Ramuan pare dan tepung beras ini juga dipercaya dapat mencerahkan kulit tubuh.

6 dari 7 halaman

Putih Telur dan lemon

9. Putih Telur

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk selanjutnya adalah dengan putih telur. Kamu bisa langsung mengoleskan putih telur ke bekas luka gigitan nyamuk. Bila ingin cara yang lebih efektif, tambahkan madu murni pada putih telur tersebut. Ramuan putih telur ini sangat aman untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada kulit tubuh maupun wajah. Diamkan selama semalaman untuk hasil yang lebih efektif dan bersihkan sisanya pada saat kamu mandi pagi. 

10. Lemon 

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk lainnya adalah dengan lemon. Peras saja lemon ini lalu gunakan airnya untuk mengobati bekas gigitan nyamuk. Kandung citric acid di dalam air perasan lemon dapat menjadi pereda rasa gatal sekaligus pencegah timbulnya ruam pasca kulit digigit nyamuk.

Dengan mengoleskan lemon di bekas gigitan nyamuk, maka dijamin bekas tersebut tidak akan melekat dan menjadi flek hitam di kulit kamu. Tidak perlu khawatir menggunakan lemon sebagai solusi untuk mengatasi gigitan nyamuk karena ini merupakan bahan alami yang dijamin aman.

 

 

 

7 dari 7 halaman

Bawang Putih dan lidah buaya

11. Bawang Putih 

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk paling mudah adalah dengan bawang putih. Nyamuk tidak menyukai aroma yang sangat menyengat. Oleh karena itu, kamu bisa memakai bawang putih sebagai lotion alami yang dapat mencegah gigitan nyamuk. Akan tetapi, bahan alami yang satu ini juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Bawang putih mengandung antiseptik alami yang dapat meredakan gatal karena gigitan nyamuk sekaligus menghilangkan bekasnya. 

Ambil 1 siung bawang putih, lalu belah menjadi 2 bagian. Oleskan bagian dalam bawang putih ini ke bekas gigitan nyamuk. Untuk mencegah rasa perih, sebaiknya gunakan bawang putih ketika bekas gigitan nyamuk sudah agak mengering. 

12. Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk selanjutnya dengan lidah buaya. Manfaatkan lidah buaya sebagai bahan alami yang benar-benar aman untuk memudarkan bekas gigitan nyamuk. Kandungan di dalam lidah buaya dapat memperbaiki sel-sel kulit mati pada bekas gigitan nyamuk. Oleskan lidah buaya sesaat setelah kamu digigit nyamuk.

Meskipun rasa gatalnya sudah hilang, usahakan untuk tetap memakai gel lidah buaya ini sampai bekas gigitan nyamuk benar-benar hilang. Untuk memperoleh hasil yang optimal, usahakan untuk menggunakan gel lidah buaya setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.