Sukses

Anak Tak Nafsu Makan? Coba Beri Makanan Ini

Beri anak makanan seperti kacang-kacangan dan wortel untuk membantunya kembali nafsu makan.

Liputan6.com, Jakarta Anak ogah alias tak nafsu makan kerap merupakan salah satu permasalahan menantang bagi orangtua. Padahal, bila anak tidak makan bisa membuat berat badannya tak naik selain itu juga mudah jatuh sakit.

Penyebab nafsu makan anak turun ada beberapa hal. Bisa jadi dia memiliki kondisi medis tertentu, punya kebiasaan makan camilan tinggi gula, aspek psikologis misalnya tak nyaman dengan lingkungannya.

Melihat banyaknya faktor yang berperan dalam pengaturan nafsu makan anak, saat ia mulai tampak malas makan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu penyebabnya. Kemudian, berikan berbagai variasi makanan terutama yang dapat meningkatkan nafsu makan seperti:

1. Jahe

Bumbu dapur yang satu ini ternyata dapat meningkatkan nafsu makan anak. Selain itu, bila anak malas makan karena masalah pencernaan (seperti mual, kembung, dan muntah), jahe dapat membantu pengeluaran gas dari lambung sehingga gejala tersebut berkurang.

Namun, rasa dan aromanya yang tajam kerap tidak disukai anak. Bunda dapat menyiasatinya dengan menyajikan jahe dalam sup, sayuran tumis, nasi tim, atau dalam bentuk minuman dengan dicampur bersama air dan madu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Yoghurt

Kandungan probiotik yang tinggi dalam yoghurt dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, yoghurt juga kaya akan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Dalam memberikan yoghurt, sebaiknya pilih yang rasanya tawar dengan kandungan gula yang rendah. Takut masih terasa asam? Tambahkan potongan buah yang manis, niscaya si Kecil pasti suka.

3. Kacang-kacangan

Bagi anak balita yang kerap makan dalam porsi kecil, kacang-kacangan dapat menjadi alternatif camilan yang meningkatkan nafsu makan dan tentunya sehat. Kacang mete, almond, dan kacang tanah adalah beberapa contoh kacang-kacangan yang dapat diberikan pada si Kecil.

Tak hanya tinggi kandungan proteinnya, kacang-kacangan juga mengandung asam lemak serta berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh anak.

 

3 dari 3 halaman

4. Wortel

Manfaat wortel sebagai sumber vitamin dan serat sudah tidak perlu diragukan lagi. Wortel pun dapat meningkatkan nafsu makan. Anda dapat memberikan wortel secara langsung dalam sayuran atau dengan dibuat jus, dan konsumsilah setengah jam sebelum makan. Tak hanya merangsang rasa lapar, jus wortel juga dapat mempersiapkan saluran pencernaan untuk menerima makanan.

5. Avokad

Buah yang satu ini sering dijuluki buah super. Bagaimana tidak, dalam setengah buah alpukat ukuran sedang (68 gram) terdapat sekitar 109 kalori, yang artinya ada 160 kalori/100 gram alpukat. Tak hanya tinggi kalori, alpukat juga padat nutrisi dengan mengandung 20 jenis vitamin dan mineral serta lemak tak jenuh.

Rasa alpukat yang gurih membuatnya mudah disukai, termasuk oleh anak-anak. Sajikan buah ini dalam bentuk potongan (seukuran genggaman si Kecil) sebagai camilan atau dapat dilumat dan dijadikan jus.

Penulis: dr. Sepriani Timurtini Limbong/Klikdokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini