Sukses

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet Sehat

Siapa yang tak tahu alpukat? Buah yang rasanya gurih ini adalah buah yang kaya manfaat dan nutrisi. Buah yang memiliki kulit tipis dan biji besar ini, ternyata punya nutrisi yang baik untuk dikonsumsi, lebih daripada buah-buahan lainnya.

Jakarta Siapa yang tak tahu alpukat? Buah yang rasanya gurih ini adalah buah yang kaya manfaat dan nutrisi. Buah yang memiliki kulit tipis dan biji besar ini, ternyata punya nutrisi yang baik untuk dikonsumsi, lebih daripada buah-buahan lainnya.

Alpukat juga terkenal dengan proteinnya yang tinggi, serta sebagai media menggoreng pengganti mentega, dan juga bisa diolah sebagai produk minyak untuk memasak.

Tak cuma dimakan, bahkan alpukat juga bisa dijadikan masker untuk rambut dan wajah.

Nah, jika Anda merupakan pecinta alpukat dan ingin tahu lebih banya soal manfaat alpukat, berikut ulasannya seperti yang dirangkum Liputan6.com pada Senin (8/10/2018) dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Alpukat

Alpukat sudah lama dikonsumsi karena banyaknya nutrisi. Antara lain: karbohidrat, lemak, serat diet, protein, dan masih banyak lagi.

Manfaat alpukat tersebut bisa jadi benefit sehar bagi tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan, seperti dilansir dari Mag for Women.

1. Menyehatkan kulit dan rambut

Salah satu manfaat alpukat adalah di aspek kecantikan, tepatnya menggunakan minyak alpukat. Minyak alpukat seringkali digunakan dalam kosmetik untuk melembapkan kulit dan membuatnya bercahaya.

Selain itu, alpukat juga mengandung bahan yang bisa membuat rambut sehat dan indah. Vitamin E yang terdapat dalam buah alpukat akan melindungi kulit dari radiasi berbahaya sinar matahari

Manfaat serupa dari alpukat untuk rambut juga dapat diperoleh dengan menggunakan rangkaian produk perawatan rambut yang tepat dan menutrisi. Salah satunya adalah shampo dan kondisioner dari rangkaian PANTENE Gold Series Smooth and Sleek.

Shampo dan kondisioner PANTENE Gold Series Smooth and Sleek mengandung vitamin B7 yang diperkaya dengan antioksidan dan pro-vitamin. Formula terbaik ini tidak hanya dapat menutrisi rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, tetapi juga dapat mengunci nutrisi disetiap helai rambut. Sehingga membantu menjadikan rambut kuat dan sehat sehingga rambut fleksibel dan tidak mudah patah, serta lebat dengan kilau alami.

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat alpukat yang pertama adalah bisa menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Tak hanya itu, buah alpukat juga membantu menaikkan jumlah kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik.

3. Tekanan darah

Manfaat alpukat selanjutnya adalah membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini dikarenakan adanya zat potasium yang terdapat dalam alpukat.

4. Mengontrol gula darah

Manfaat alpukat yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin mengontrol kadar gula. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal atau mono-saturated fat yang membantu mengatasi resistensi insulin yang membantu tubuh untuk mengontrol tingkat gula dalam darah.

5. Melindungi dari kanker

Manfaat alpukan berikutnya terkait pencegahan penyakit kanker. Penelitian yang dilakukan pada hewan dengan memberi mereka makan ekstrak alpukat menunjukkan bahwa alpukat juga bisa membantu mencegah kanker kulit, kanker prostat, dan kanker mulut. Meski begitu, penelitian lanjutan pada manusia masih belum dilakukan dan masih terbatas.

6. Mencegah peradangan

Penelitian juga menunjukkan bahwa selain nikmat, alpukat juga memiliki nutrisi yang bisa membantu mencegah peradangan. Manfaat alpukat ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah risiko penyakit yang berkaitan dengan munculnya peradangan pada tubuh.

7. Meningkatkan berat badan

Jika Anda ingin gemuk, manfaat alpukat yang satu ini bisa menguntungkan Anda. Pasalnya, alpukat mengandung kalori yang cukup dan banyak nutrisi untuk membantu menaikkan berat badan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Daun Alpukat

Manfat alpukat tak cuma didapat dari buahnya. Ternyata daun alpukat juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan Anda.

Berikut deretan manfaat alpukat yang bisa Anda petik dari daunnya.

1. Meluruhkan Batu Ginjal

Daun alpukat yang direbus bisa dikonsumsi untuk meluruhkan batu ginjal. Hal ini dikarenakan ada kandungan yang bernama alkoloid, yang dapat melarutkan batu ginjal bersama air seni secara bertahap.

2. Meredakan Hipertensi

Tekanan darah tinggi juga bisa diturunkan secara berkala dengan konsumsi rebusan daun alpukat.

3. Memperlancar Haid

Jika Anda merasa haid tidak lancar dan teratur, konsumsi rebusan daun alpukat bisa membantu memperlancar haid dan membuatnya teratur.

4. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat alpukat adalah dapat menurunkan berat badan. Ternyata, daunnya pun juga diketahui bisa memiliki manfaat serupa. Rebusan daun alpukat bisa menekan nafsu makan dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh Anda.

5. Menyembuhkan Sariawan

Salah satu manfaat daun alpukat adalah menyembuhkan sariawan. Kandungan polifenol dalam daun alpukat bisa membunuh bakteri penyebab sariawan. Caranya? Hanya dengan menumbuk daun alpukat lalu tempelkan di area sariawan.

6. Kaya Antioksidan

Rebusan daun alpukat adalah minuman yang kaya antioksidan yang bisa menekan jumlah radikal bebas yang ada di tubuh Anda. Berbagai penyakit yang bisa muncul akibat molekul tak stabil radikal bebas bisa dinetralkan dengan air rebusan daun alpukat.

7. Meredakan Maag

Rebusan daun alpukat dikenal mencegah luka dan iritasi pada lambung, serta meredakan asam lambung yang tinggi. Sehingga minuman ini cocok untuk Anda yang memiliki penyakit maag.

4 dari 6 halaman

Manfaat Masker Alpukat

Manfaat alpukat juga bisa kita gunakan untuk aspek kecantikan. Berbagai area seperti kulit dan rambut pun juga bisa dicakup oleh manfaat alpukat ini.

Mengoleskan masker alpukat pada wajah dapat mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, menyembuhkan kulit kering, melembutkan kulit dan juga mencegahnya dari kekeringan.

Selain itu, alpukat juga mengandung banyak sterolins yang merupakan protein baik untuk tubuh. Sterolins dapat mengurangi bekas luka, tanda penuaan, mencegah keriput, mencerahkan bintik-bintik gelap dan menyembuhkan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Anda dapat membuat masker perawatan wajah sederhana dari campuran alpukat, garam, susu, dan gula. Jika ingin hasilnya lebih maksimal, tambahkan beberapa tetes madu ke dalam masker. Masker ini dapat membersihkan dan melembapkan kulit.

Selain alpukat dan susu, manfaat alpukat dari masker bisa didapat dari alpukat dan pepaya yang ditumbuk, dicampur madu, dan dijadikan masker.

5 dari 6 halaman

Manfaat Alpukat Untuk Wajah

Selain melalui masker, manfaat alpukat untuk wajah juga bisa didapat dari minyak alpukat. Minyak alpukat adalah minyak olahan dari daging alpukat dan bisa digunakan untuk memasak maupun perawatan alami kulit.

1. Kulit Lebih Lembap

Manfaat alpukat dari minyak alpukat bisa didapat berkat kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasinya. Keduanya berfungsi untuk menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Pemakaian minyak ini secara teratur akan menjadikan kulit bebas kekeringan dan lebih elastis.

2. Kulit Lebih Kenyal

Manfaat alpukat dengan minyak bisa didapat untuk kekenyalan kulit. Pasalnya, menurut jurnal ilmiah yang dipublikasikan di dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, penggunaan minyak alpukat pada kulit bisa merangsang produksi dan sintesis kolagen karena salah satu kandungannya yakni sterolin.

3. Meredakan Kulit Yang Terbakar

Selain itu, menurut jurnal dalam Pharmacognosy Research, minyak alpukat kaya akan kandungan vitamin C, vitamin E, flavonoid, dan asam fenolik. Semuanya berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultra violet. Sifat anti-inflamasi minyak alpukat juga bisa mendinginkan kulit. Cocok digunakan untuk merawat kulit yang memerah karena terbakar sinar matahari.

4. Menutrisi Kulit dan Memudarkan Flek Penuaan

Manfaat alpukat dari minyaknya, bisa digunakan untuk menutrisi dan menyehatkan kulit. Menurut Shrankhla Holecek, pendiri perusahaan produsen minyak organik Uma kepada Refinery29, minyak alpukat merupakan sumber lecithin yang baik. Lecithin merupakan sejenis lipid yang membantu penyerapan nutrisi hingga ke aliran darah dan lapisan terdalam kulit.

Manfaat alpukat juga bisa didapat dari sterolin yang terkandung di dalam minyak alpukat. Nutrisi ini cukup efektif untuk melembutkan kulit dan menyamarkan flek akibat penuaan.

6 dari 6 halaman

Manfaat Alpukat Untuk Diet

Berdasarkan penelitian yang dikutip cbsnews.com, salah satu manfaat alpukat adalah untuk diet. Mengunyah alpukat dapat menghilangkan rasa lapar serta membunuh keinginan untuk ngemil di dalam diri Anda.

Penelitian ini menyebut bahwa nafsu makan di malam hari jika Anda mengonsumsi alpukat di siang harinya. Manfaat alpukat selain kontrol nafsu makan adalah, asupan kalori yang cukup namun dengan tanpa ada kadar gula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini