Sukses

Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Penurun Berat Badan

Susu kedelai adalah minuman nikmat sekaligus menyehatkan. Pengganti susu ini sejatinya bukanlah susu, tapi merupakan saripati kedelai yang didapatkan dengan merendam kedelai dalam air dan mengambil sarinya yang putih seperti susu.

Jakarta Susu kedelai adalah minuman nikmat sekaligus menyehatkan. Pengganti susu ini sejatinya bukanlah susu, namun merupakan saripati kedelai yang didapatkan dengan merendam kedelai dalam air dan mengambil sarinya yang putih seperti susu.

Tak kalah dengan jenis susu lainnya, susu kedelai juga kaya akan nutrisi, dan jadi pilihan mereka yang bergaya hidup vegetarian untuk tetap mendapat nutrisi susu pada umumnya. Susu kedelai mengandung beberapa vitamin dan mineral penting. Minuman ini bisa menjadi sumber yang baik untuk serat, magnesium, fosfor, potasium, dan protein. Belum lagi dengan banyak manfaat yang bisa diberikannya bagi tubuh manusia.

Nah, jika Anda penggemar susu kedelai dan ingin tahu berbagai manfaat susu kedelai berikut manfaat susu kedelai seperti yang dirangkum Liputan6.com pada jumat (5/10/2018) dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat susu kedelai untuk kesehatan Anda, dilansir dari Merdeka.com.

1. Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat susu kedelai adalah untuk menurunkan kolesterol. Susu kedelai memiliki kemampuan untuk meningkatkan profil lipid darah. Tidak seperti susu sapi, yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol, lemak susu kedelai sebagian besar tak jenuh dan nol kolesterol. Asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang ditemukan dalam kedelai juga dapat menghambat penumpukan kolesterol dalam aliran darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan rutin kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Hal itu membuat susu kedelai menjadi minuman yang ideal bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi atau memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner.

2. Memperkuat pembuluh darah

Salah satu manfaat susu kedelai lainnya adalah memperkuat tubuh dari dalam, tepatnya pembuluh darah. Asam lemak omega-3 dan omega-6 serta kandungan phyto-antioksidan yang ditemukan dalam kedelai sangat efektif dalam melindungi pembuluh darah dari luka dan perdarahan.

Senyawa ini mengikat lapisan pembuluh darah dan mempertahankan sel-sel lapisan dari serangan radikal bebas dan deposit kolesterol. Pengikatan gizi ini juga meningkatkan fluiditas dan fleksibilitas pembuluh darah sehingga mereka jauh lebih tahan terhadap perubahan tekanan darah.

3. Mencegah kanker prostat

Manfaat susu kedelai lainnya sangat penting untuk pencegahan kanker. Susu kedelai merupakan sumber fitoestrogen, hormon tanaman yang unik, yang dapat menghambat produksi testosteron pada pria.

Penurunan kadar testosteron pada pria dapat mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang jarang makan kedelai cenderung mengembangkan hipertrofi prostat atau kanker prostat.

4. Mencegah sindrom pascamenopause

Manfaat susu kedelai ternyata penting bagi mereka yang telah melewati masa menopause. Selama menopause, produksi estrogen akan menurun. Penurunan estrogen yang tiba-tiba dapat menciptakan sejumlah masalah kesehatan bagi wanita menopause. Wanita menopause memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Mereka juga lebih rentan terhadap depresi, perubahan suasana hati, insomnia dan gangguan psikologis lainnya.

Kandungan fitoestrogen dalam kedelai adalah pengganti estrogen. Rutin mengonsumsi kedelai bisa menjadi cara bagus untuk mencegah dan mengurangi sindrom pascamenopause.

5. Mencegah osteoporosis

Selain untuk menopause, manfaat susu kedelai bisa didapat bagi mereka yang osteoporosis. Osteoporosis adalah penyakit yang terkait dengan usia dan hormon. Kandungan fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang.

Untuk manfaat maksimal, pastikan bahwa Anda membeli susu kedelai yang diperkaya dengan ekstra kalsium dan vitamin D.

3 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kedelai untuk kulit dan kecantikan

Salah satu manfaaat susu kedelai ada di aspek kecantikan dan peremajaan kulit. Berikut deretan manfaat susu kedelai untuk kecantikan dilansir dari Style Craze.

1. Melembapkan kulit

Manfaat susu kedelai untuk kecantikan yang pertama adalah melembapkan kulit. Dari dalam, susu kedelai mampu membuat tubuh tidak mudah dehidrasi yang jadi pemicu kulit kering, serta mengurangi minyak berlebih di wajah.

2. Mengurangi tanda penuaan dini

Manfaat susu kedelai selanjutnya adalah berkurangnya tanda penuaan. Fitoestrogen yang terkandung dalam kedelan mampu menghasilkan estrogen lebih banyak untuk tubuh, sehingga keriput dan garis halus cepat memudar.

3. Memperkilau rambut

SUsu kedelai mengandung banyak sekali nutrisi, mulai dari protein, kalsium, zat besi, kalsium, serta vitamin B. Semua manfaat susu kedelai ini sangat baik untuk rambut.

Semua nutrisi di atas tadi juga cocok untuk rambut Anda yang rontok karena asupan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B sangat tepat dikonsumsi mereka yang rambutnya rontok.

4. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat susu kedelai lainnya adalah jumlah kalori yang kecil dibanding susu sapi. Dengan ini, susu kedelai cocok untuk diet dan mereka yang bergaya hidup vegetarian.

Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu ini dapat mencegah penyerapan lemak pada usus, sehingga berat badan bisa terjaga.

4 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kedelai Untuk Diet

Sudah jadi rahasia umum bahwa salah satu manfaat susu kedelai adalah kemampuannya menurunkan berat badan. Sebenarnya, tidak serta merta ketika Anda mengonsumsi susu kedelai lalu berat Anda turun. Hal ini bisa dilakukan dengan mengganti salah satu asupan harian Anda dengan susu kedelai.

Manfaat susu kedelai untuk diet yang pertama adalah soal jumlah kalorinya yang kecil dibanding susu sapi. Segelas susu kedelai hanya memiliki 80 kalori. kandungan gulanya per cangkir hanya 7 gram saja. Hal ini membuat susu kedelai lebih baik dari susu skim.

Selain itu, manfaat susu kedelai untuk diet lainnya adalah soal penyerapan lemak. Asam lemak dalam susu kedelai bisa membantu pencernaan untuk menyerap lemak. Hal ini bisa membantu menurunkan berat badan dengan lebih efektif. Selain itu, manfaat susu kedelai untuk diet bisa maksimal kita dapat karena konsumsi susu kedelai membuat kita kenyang lebih lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.