Sukses

Anak Buta Warna Bisa Jalani Hidup Normal dengan Cara Ini

Meski anak buta warna, ia tetap bisa menjalani hidup normal dengan dukungan dan perhatian dari lingkungan sekitar.

Liputan6.com, Jakarta Anak buta warna dapat menjalani kehidupan sehari-sehari layaknya orang normal. Hal tersebut perlu dukungan lingkungan, yakni orang-orang di sekitarnya memahami kondisi si anak.

Dokter spesialis anak Ariani Dewi Widodo menyampaikan, anak yang buta warna bisa menjalani hari dengan baik.

"Sebetulnya, anak-anak bisa hidup dengan baik. Misalnya, perlu mengetahui lampu lalu lintas, itu nyalanya atas atau bawah (atas: merah, bawah: hijau)," jelas Ariani saat ditemui di KidZania, Mall Pacific Place, Jakarta, ditulis Jumat (28/9/2018).

Bagi anak yang sudah bersekolah, kondisi anak yang buta warna perlu diberitahukan kepada guru-guru dan pihak sekolah. Cara ini akan membantu anak dalam pembelajaran di kelas.

"Guru-guru perlu diberitahu. Jadi, anak kesulitannya di bidang ini. Contohnya, kalau guru menyuruh anak mengambil buku warna merah. Bisa ditambahkan informasinya, 'Ambil buku warna merah yang di depannya ada gambarnya' lanjut Ariani.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak ada perawatan khusus

Kondisi buta warna yang sering ditemukan yaitu hitam-putih dan merah-hijau. Ariani menjelaskan, buta warna hitam-putih, anak hanya dapat melihat kedua warna itu saja.

Sementara itu, buta warna merah-hijau, anak tetap bisa melihat warna lain. Tapi untuk warna merah-hijau tidak bisa terlihat. Warna merah bisa terlihat hitam atau kecokelatan dan hijau tampak seperti kuning.

"Tidak ada penanganan khusus untuk anak buta warna karena penyebabnya genetik atau bawaan," Ariani menambahkan.

Dokter mata Anda akan dapat melakukan tes sederhana untuk menentukan apakah Anda memiliki buta warna.

Meski tidak ada perawatan khusus untuk buta warna bawaan, biasanya tidak menyebabkan cacat mata. Sebagaimana dilansir dari laman American Academy of Ophthalmology, ada lensa kontak khusus dan kacamata yang dapat membantu penglihatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.