Sukses

Strategi Khusus Tim Kesehatan RI Lancarkan Wukuf di Arafah

Liputan6.com, Arab Saudi Sejumlah pos kesehatan disediakan untuk para jemaah yang menjalankan fase Mina, bersiap wukuf di Arafah. Fase Mina menjadi puncak haji bagi seluruh jemaah haji, yakni saat jemaah haji akan bergerak dari Makkah menuju Arafah.

Tim kesehatan telah menyusun strategi khusus dalam fase Arafah Muzdalifah dan Mina. Koordinator Tim Gerak Gepat Jerry N. Pattimura menyebutkan, sejumlah pos kesehatan sudah siap tersedia untuk jemaah haji. Pos kesehatan ini berada di masing-masing tempat yang mudah dijangkau.

“Kami menyiapkan 1 pos kesehatan besar di Arafah dan enam pos kesehatan satelit, yang tersebar di beberapa maktab (kantor atau tempat yang mengatur urusan ibadah haji), yang ada di Arafah,” kata Jerry, sebagaimana dikutip dari laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan RI, Senin (20/8/2018).

Pos kesehatan satelit dibuat agar jemaah haji dapat lebih dekat untuk meminta bantuan kesehatan, terutama bila ada kondisi kegawatdaruratan atau membutuhkan tindakan yang lebih cepat.

“Di sepanjang jalur Muzdalifah disiapkan 11 pos kesehatan, sedangkan di Mina sudah disiapkan dua pos kesehatan besar di depan pintu terowongan Mina (terowongan Muaisim) dan di Mina Jadid,” jelas Jerry.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alat kesehatan cukup lengkap

Di pos kesehatan besar, yang berada di Mina dapat dilakukan perawatan rinci. Kementerian Kesehatan telah menyiapkan alat kesehatan yang cukup lengkap.

Jika ada suatu penyakit yang tidak bisa ditangani, maka jemaah yang sakit akan dirujuk ke rumah sakit Arab Saudi terdekat. Jerry menegaskan pengendalian kesehatan di Armina ini sudah disiapkan jauh-jauh hari.

Tim Gerak Cepat dibantu Tim Promotif Preventif (TPP) telah melakukan edukasi kepada jamaah.

“TPP telah memberikan alat pelindung diri (APD) yang akan mencegah masalah-masalah kesehatan. Karena masalah kesehatan yang timbul sebenarnya dari faktor risiko, seperti kelelahan ataupun cuaca. Ini bisa kita minimalkan bila jemaah patuh menggunakan APD dan mengikuti saran TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia),” jelas Jerry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.