Sukses

Berapa Lama Sebaiknya Ibu Memberikan ASI ?

Liputan6.com, Jakarta Memberikan ari susu ibu (ASI) punya banyak manfaat, baik untuk sang bayi maupun bagi ibu. Menyusui dapat menjalin keterikatan antara ibu dengan Bayi. Sehingga, bisa dikatakan telah terjadi bonding saat ibu menyusui anaknya.

Sementara itu, selain mengetahui berbagai manfaat dari memberikan ASI tentu ibu juga perlu mengetahui berapa lama durasi yang diperlukan untuk menyusui anak mereka.

Berikut panduan singkat untuk membantu ibu mengetahui durasi menyusui yang baik untuk kesehatan anak seperti dilansir dari laman steptohealth pada Sabtu, 4 Agustus 2018.

1. Beberapa hari pertama

Menyusui hanya beberapa hari setelah kelahiran akan memberikan anak Anda kolostrum atau ASI dini. Kaya akan antibodi dan makanan yang dibutuhkan tubuh lembutnya, kolostrum akan memberi sang bayi imunisasi yang paling mudah dan membersihkan sistem pencernaan untuk pertama kalinya.

 

2 dari 2 halaman

Lamanya Ibu Berikan ASI

2. Empat hingga enam minggu

Dengan menyusui selama empat hingga enam minggu sudah dapat membantu bayi melawan sebagian besar infeksi penting selama bayi. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI akan jarang jatuh sakit dibandingkan bayi baru lahir yang tidak mendapatkan ASI. Sehingga, bayi yang diberi ASI secara berkala akan jauh dari rumah sakit.

3. Tiga sampai empat bulan

Saat menyusui di bulan ketiga hingga empat maka bayi sudah memiliki sistem pencernaan yang matang dan cukup kuat untuk mentolerir zat-zat asing. Menyusui seorang anak selama empat bulan pertama akan mempersenjatai dirinya untuk melawan infeksi telinga, pernafasan, dan gastrointestinal.

4. Enam bulan

Menyusui selama 6 bulan pertama dapat menjamin kesehatan anak Anda selama satu tahun kedepan. Dengan melakukan ini, Anda tidak hanya mengurangi risiko bayi Anda terjangkit infeksi dan mengembangkan kanker pada masa kanak-kanak, tetapi juga menyelamatkan diri dari risiko kanker payudara.

5. Sembilan bulan

Bayi yang disusui selama 9 bulan akan mendapatkan perkembangan otak dan tubuh terbaik dari makanan yang diberikan khusus untuk mereka. Sehingga, anak akan memiliki pikiran yang tajam dan tubuh sehat. Hal itu karena susu yang diberikan oleh Anda.

6. Satu tahun

Jika Ibu menyusui anaknya selama setahun maka tubuh bayi akan siap untuk menangani sebagian besar makanan buatan sendiri yang disajikan keluarga. Anda tidak perlu memilih makanan formula. Anak akan memiliki kekebalan yang besar dan risiko untuk berkonsultasi dengan ahli ortodontis akan berkurang.

7. Delapan belas bulan

Menyusui selama 18 bulan dapat memberikan anak nutrisi, kenyamanan, dan kekebalan yang terbaik juga sempurna. Sehingga, anak dapat mengosnumsi makanan yang dikonsumi dan disajikan di keluarga. Selain itu, semakin lama durasi menyusui membuat Ibu dan anak memiliki keterikatan yang kuat. Tentu hal itu menjadi harapan bagi semua Ibu.

Penulis Jihan Khalda Fairuz

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengapa Si Kecil Tetap Kurus Meski Minum ASI?
Artikel Selanjutnya
Cerita Rinni Wulandari Berkali-kali Ganti Pompa ASI