Sukses

Teknik Pijat Ini Ampuh Lancarkan dan Perbanyak ASI

Untuk memperlancar produksi ASI, ada pijat oksitosin yang bisa dilakukan untuk ibu menyusui.

 

Liputan6.com, Jakarta Demi melancarkan dan meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI), ibu menyusui tak hanya disarankan minum air putih dan istirahat cukup, melainkan juga melakukan pijat mandiri. 

"Namanya pijat oksitosin. Pijatan ini merangsang hormon oksitosin atau love hormone (hormon cinta) untuk memproduksi ASI. ASI yang keluar pun banyak," ujar Konsultan dan Dokter Spesialis Anak, Ariani Dewi Widodo dalam acara "Media Lunch Anmum #MumToMum dalam Rangka Pekan ASI 2018", di Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Area punggung tulang belakang menjadi sasaran pijatan. Selain untuk memperlancar ASI, pijatan juga membuat ibu menyusui hilang stres. Ini memberikan ibu kenyamanan untuk bersiap kembali memberikan ASI buat si kecil.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara memijat

Ariani mempraktikkan teknik pijat ini. Seorang peserta diminta duduk di kursi dengan posisi tubuh menghadap sandaran. Lengan memeluk sandaran kursi. Selanjutnya, si pemijat mulai menekan punggung tulang belakangnya.

"Pertama, cari bagian yang menonjol di punggung, dekat tengkuk. Dari titik yang menonjol, tarik (pijat) dengan jari ke bawah. Lalu tarik kedua jari ke bagian samping kiri-kanan tulang belakang," Ariani menjelaskan.

3 dari 3 halaman

Lakukan dengan pasangan

Untuk melakukan pijat oksitosin bisa dibantu oleh siapa saja, tapi Ariani menyarankan, pijat dilakukan pasangan.

"Sebenarnya justru direkomendasikan dilakukan dengan suami. Karena sentuhan pasangan kan beda. Ada sentuhan cinta dari suami," ungkap Ariani, yang berpraktik di RS Anak dan Bunda Harapan Kita, Jakarta.

Hasil dari pijatan membuat payudara yang sebelumnya tegang mampu melancarkan ASI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.