Sukses

7 Manfaat Menakjubkan Rutin Makan Ikan

Ada beberapa manfaat kesehatan rutin makan ikan. Salah satunya mencegah depresi.

Liputan6.com, Jakarta Pasti Anda sudah tahu makan ikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal itu karena ikan kaya protein dan rendah lemak.

Aneka studi pun mengungkapkan manfaat mengonsumsi ikan. Seperti yang dilansir dari laman Boldsky Selasa (31/7/2018), berikut manfaat menakjubkan rutin mengonsumsi ikan.

1. Mencegah Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit otak degeneratif yang biasanya mempengaruhi orang-orang di atas usia 60. Penyakit ini menyebabkan degenerasi sel otak yang cepat dan menyebabkan kehilangan ingatan, kehilangan koordinasi dan keseimbangan tubuh, dan lainnya.

Studi yang dipublikasikan dalam The Journal of American Medical Association bahwa mengonsumsi ikan secara teratur dapat memperbaiki materi abu-abu otak manusia yang mencegah degenerasi sel otak dengan cepat. Sehingga, hal itu dapat mencegah Alzheimer.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal Of Cardiology bahwa asam lemak dan omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat menjaga kesehatan jantung, mengurangi pembekuan darah, dan menurunkan tekanan darah. Sehingga dengan mengonsumsi ikan secara teratur dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mencegah depresi

 

Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa minyak yang terkandung dalam ikan dapat membantu meningkatkan kadar hormon serotonin pada otak. Hal itu dapat membantu mengobati dan mengurangi gejala depresi.

4. Tingkatkan kesehatan tulang

Vitamin D merupakan nutrisi penting yang diperlukan dalam tubuh terutama dalam menjaga tulang agar tetap sehat dan meningkatkan fungsi otak. Oleh karena itu, mengonsumsi ikan secara teratur dapat meningkatkan kesehatan pada tulang karena kandungan vitamin D pada ikan sangat baik.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Pada era ini sebagian besar masyarakat menggunakan gadget elektronik visual yang mungkin dapat menyebabkan masalah pada mata, seperti kekeringan, penglilhatan kabur, dan lainnya. Dengan mengonsumsi ikan secara teratur dapat meningkatkan keseatan mata dan memberi nutrisi pada otot-otot dan saraf mata. Hal itu karena kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan.

 

3 dari 3 halaman

6. Mengobati arthritis

 

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan sendi dan otot menjadi meradang dan menghambat gerakan sendi dalam tubuh. Studi yang dipublikasikan dalam American College Of Rheumatology menyebutkan kandungan lemak omega-3 dan vitamin E tinggi yang terkandung dalam ikan dapat membantu mengurangi gejala radang sendi dan membantu mengobati arthritis.

7. Menurunkan risiko kanker

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal Of Clinical Nutrition bahwa menambahkan ikan ke dalam menu diet Anda setiap hari dapat membantu menurunkan risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker usus besar, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker pankreas, dan lainnya. Hal itu karena asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat mencegah perbanyakan sel kanker secara abnormal.

Penulis: Jihan Khalda Fairuz

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini