Sukses

Jelang Asian Games, BPOM Bina Ribuan PKL Jaga Keamanan Pangan

Kepala BPOM RI Penny K. Lukito menyatakan siap menyukseskan penyelenggaraan Asian Games dengan mengawal keamanan pangan terpadu bersama lintas sektor terkait

Liputan6.com, Jakarta Kepala BPOM RI Penny K. Lukito menyatakan siap menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018 dengan mengawal keamanan pangan terpadu bersama lintas sektor terkait. BPOM RI melalui Balai Besar POM (BBPOM) di Jakarta, BBPOM di Palembang, BBPOM di Yogyakarta, BBPOM di Denpasar dan kota-kota yang dilalui obor ASIAN Games telah menggelar intensifikasi pengawasan pangan.

Karena itu, dalam kunjungan kerjanya Rabu (11/07) ke Palembang, Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito menempelkan stiker pangan aman di toko oleh-oleh Lenggok Kambang Iwak. Kegiatan stikerisasi ini juga merupakan bagian dari penempelan stiker yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah Sumatera Selatan terhadap sarana pangan aman di Kampung Sentra Pempek 26 Hilir.

Sejauh ini, di Palembang, telah dibina 1.166 pelaku usaha di 270 titik Pedagang Kaki Lima (PKL) dan 47 restoran yang akan melayani kebutuhan pangan sekaligus tujuan kuliner selama perhelatan Asian Games berlangsung.

Kegiatan bersama pemerintah daerah telah dilakukan meliputi pemetaan restoran dan penjual pangan lainnya, bimbingan teknis (bimtek) keamanan pangan kepada pelaku usaha pangan, penyuluhan kepada pelaku usaha kuliner, sampling dan pemeriksaan, serta intensifikasi mobil laboratorium keliling.

Selain itu BBPOM Palembang juga mengedukasi 300 anggota PKK Sumatera Selatan, dan 120 perwakilan Kwarda Pramuka Sumatera Selatan untuk ikut berperan dalam pengawasan keamanan pangan saat Asian Games.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.