Sukses

Pria 71 Tahun Tewas Setelah Konsumsi Tiram Mentah

Sebelum akhirnya meninggal setelah mengonsumsi tiram mentah, pria yang tak disebutkan namanya ini mengalami muntah-muntah.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria berumur 71 tahun di Sarasota, Florida, meninggal dunia setelah dua hari sebelumnya memakan tiram mentah di sebuah restoran lokal.

Dilansir dari laman Buzzfeed, Senin (23/7/2018), penyebab kematian pria tersebut diketahui karena memakan tiram mentah yang terkontaminasi bakteri Vibro vulnificus. Bakteri jenis ini cenderung tumbuh subur di air hangat dan asin, seperti yang ditemukan di lepas pantai AS di musim panas.

Pria tersebut terlebih dulu mengalami sakit pencernaan, mual, diare, demam, ditambah lagi terinfeksi bakteri yang membuat kondisinya semakin parah. Faktor usia juga memperburuk kondisinya, menurut Michael Drennon, layanan intervensi penyakit Departemen Kesehatan di Florida.

Tiram sebagai hewan laut yang mendapatkan makanan dengan cara menyaring dan menangkap partikel kecil di air laut, lebih memungkinkan mereka terkontaminasi bakteri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Risiko Konsumsi Tiram Mentah

Mengonsumsi kerang mentah lebih berisiko terkena inveksi bakteri. Meskipun sebagian besar orang menyukai makanan mentah dan mengonsumsinya dengan lemon, saus pedas, atau alkohol, ternyata bahan tambahan tersebut juga tidak akan membunuh bakteri dalam makanan mentah.

Bakteri Vibro menyebabkan 100 kematian dan 80.000 penyakit setiap tahun di AS, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Beberapa jenis bakteri ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut sebagai Vibriosis, yang disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi.

Infeksi bakteri ini juga dapat menyebabkan infeksi kulit yang seriuspada orang yang berenang di laut dengan luka terbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini