Sukses

Norovirus Merajalela di Tiram Mentah, Lebih dari 200 Orang Sekarat

Setelah menghebohkan Korea Selatan, Norovirus kembali menjangkiti negara lain. Bahkan, mereka menular lewat tiram mentah.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 100 orang di California dan 172 orang di Kanada dikabarkan menjadi korban norovirus. Virus yang sempat menyerang Olimpiade Musim Dingin 2018 di Korea Selatan ini "menyerang" melalui tiram mentah.

Pada Selasa, 1 Mei 2018, Departemen Kesehatan Masyarakat California memperingatkan agar menghindari tiram mentah dari British Columbia, Kanada, untuk sementara waktu.

Melansir Live Science pada Senin (7/5/2018), norovirus dapat menyebar dari satu orang ke yang lain atau lewat makanan yang terkontaminasi. Tiram dan kerang menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit adalah salah satu penyebab umum penyakit tersebut.

Menurut Departemen Kesehatan Negara Bagian Washington, tiram dan kerang laut bisa terpapar virus ini karena kotoran manusia yang sakit dan tidak diobati, serta karena terkena muntahan.

Limbah tersebut bisa masuk melalui sistem pembuangan, instalasi pengolahan air limbah yang salah, atau pengunjung pantai yang membuang kotoran di laut.

Tiram akan menyaring air laut melalui tubuh mereka untuk mendapatkan makanan. Partikel norovirus yang ada dalam air akan masuk ke dalam makhluk tersebut.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiram Paling Berbahaya

Meskipun banyak jenis kerang bisa menularkan norovirus, Departemen Kesehatan mengatakan bahwa jenis tiram merupakan yang paling berbahaya. Hal ini dikarenakan mereka biasanya dikonsumsi mentah-mentah.

Untuk mencegah Norovirus, mereka merekomendasikan untuk memasak kerang atau tiram hingga mencapai suhu 145 derajat Fahrenheit atau 63 derajat Celcius.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini