Sukses

Ketahui Fungsi Jakun pada Pria

Liputan6.com, Jakarta Jakun menjadi salah satu pembeda antara laki-laki dengan perempuan. Jika melihat sepintas pada bayi, tidak semua orang bisa menebak apakah itu laki-laki atau perempuan. Salah satu pembedanya akan terlihat setelah timbulnya jakun yang berkembang saat memasuki usia remaja.

Melansir laman Healthline, Sabtu (21/7/2018), jakun merupakan tulang rawan, sama seperti tulang rawan hidung dan telinga.

Jakun terletak di atas kelenjar tiroid sehingga disebut juga sebagai kartilogo tiroid. Dan jakun akan membesar secara alami seiring membesarnya pita suara (laring) saat memasuki masa pubertas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jakun Melindungi Pita Suara

Fungsi utama jakun melindungi pita suara (laring). Secara alami pita suara laki-laki akan semakin dalam, hal ini yang menyebabkan suara laki-laki lebih berat daripada perempuan.

Pita suara akan membantu untuk dapat berbicara, berteriak, tertawa, dan bernyanyi. Fungsi utama laring yaitu untuk melindungi saluran pernapasan dengan mencegah masuknya benda-benda asing.

Beberapa orang memiliki jakun yang lebih besar, hal ini terjadi karena setiap orang memiliki kartilogo yang berbeda. Semakin banyak kartilogo, semakin besar pula ukuran jakun.

Orang dengan jakun yang lebih besar cenderung memiliki suara yang lebih dalam dan berat daripada orang dengan jakun yang lebih kecil.

Memiliki jakun besar tidak berarti dapat melakukan fungsi-fungsi tersebut lebih baik daripada seseorang dengan jakun kecil. Itu hanya menandakan bahwa laring Anda sedikit lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini