Sukses

Punya Jakun Kecil, Bisakah Diperbesar dengan Operasi?

Sejumlah orang berpendapat, jakun tidak bisa diperbesar dengan cara pengobatan maupun bedah tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Jakun hanya sebuah nama untuk menggambarkan sebuah area pada kartilago tiroid yang tampak lebih menonjol di bagian depan leher.

Sebagian besar menyadari kemunculan jakun setelah melewati masa-masa pubertas. Dan masing-masing orang akan merasakan hal yang berbeda, karena tumbuhnya jakun dengan ukuran yang berbeda-beda pula.

Ada laki-laki yang memiliki jakun berukuran kecil, ada pula yang besar. Namun, pada sebagian orang, menginginkan jakun yang lebih besar karena dianggap lebih keren.

Menanggapi hal tersebut, dokter Theresia Rina Yunita dari situs Klik Dokter mengatakan, saat ini belum ada pengobatan maupun obat yang ditujukan untuk terapi memperbesar ukuran jakun.

Hanya saja untuk memastikan hal tersebut, Theresia menganjurkan pasien dengan masalah jakun segera memeriksakan diri ke dokter guna pemeriksaan langsung dan evaluasi lebih lanjut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prosedur Bedah Jakun

Namun, seperti dikutip dari situs Health Line, terdapat beberapa opsi bedah untuk mengubah ukuran jakun.

Ukuran jakun akan terlihat lebih besar setelah seseorang menjalankan operasi masculinization face (membuat fitur wajah tampak lebih maskulin).

Ini melibatkan penempatan kartilago di atas tulang rawan tiroid untuk menciptakan efek jakun.

Ini adalah jenis operasi plastik yang tidak ditanggung asuransi. Biasa digunakan pada orang dengan disforia (kelainan atau ketidakcocokan) jenis kelamin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini