Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

6 Alasan Masturbasi Bisa Jadi Rutinitas Perawatan Diri

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah mendengar bahwa masturbasi itu normal dan baik untuk kesehatan. Hal ini benar adanya. Banyak hal yang Anda dapat, lebih dari sekadar kepuasan akan hasrat seks yang terpendam.

Mengutip dari Health, Rabu (28/2/2018), Sebuah studi dari Indiana University, Bloomington menemukan, para wanita masih cenderung malu untuk melakukan sesi solo, sebutan lain untuk masturbasi. Padahal, melakukan masturbasi secara rutin dapat bermanfaat bagi perawatan diri. Berikut ini alasan masturbasi sebagai bentuk rutinitas perawatan diri.

1. Masturbasi dapat memperbaiki kehidupan seks Anda

Menurut survei dari majalah Cosmopolitan pada 2015, hanya 57% wanita yang mengalami orgasme melalui hubungan seks dengan pasangan. Oleh sebab itu, Pakar Seks, Emily Morse mengungkapkan pentingnya melakukan masturbasi demi memperbaiki kehidupan seks.

"Bawa tangan Anda ke tubuh bagian bawah, luangkan waktu untuk diri Anda sendiri, dan lihatlah apa yang membuat Anda merasa lebih baik," ujarnya, mengutip Health. Melakukan hal tersebut tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, namun dengan masturbasi, juga dapat membantu pasangan memahami pentingnya kepuasan akan hasrat seks.

2. Masturbasi dapat mengurangi stres dan membuat Anda tertidur

Ketika mencapai orgasme, tubuh Anda akan melepaskan prolaktin sebagai hormon relaksasi dan serotonin sebagai hormon kebahagiaan. Penulis buku Hormones, Health, and Your Best Sex Ever, Lauren Streicher, MD, menjelaskan meski belum diteliti, wanita yang telah melakukan masturbasi umumnya dapat lebih tenang dan tertidur lebih nyenyak.

Guna mendapatkan efek terbaik, Morse menyarankan untuk mencari lingkungan yang tenang guna melakukan masturbasi. "Matikan telepon, pergi ke kamar selama 10 menit, dan mulailah sentuh tubuh Anda. Hal ini dapat merawat diri sendiri, mengalami kesenangan, dan memberi rasa nyaman pada tubuh," ujar Morse terkait dengan Masturbasi, mengutip Health.

1 dari 3 halaman

3. Masturbasi meringankan kram menstruasi

Ketika sedang menstruasi, berhubungan seks dengan pasangan seakan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Karenanya, masturbasi bisa menjadi pillihan yang lebih mudah. Selain itu, masturbasi dipercaya dapat meringankan kram menstruasi yang dirasakan.

"Bila Anda mengalami orgasme, kandungan rahim berkontraksi, yang menyebabkan darah keluar lebih cepat dan memungkinkan Anda untuk tidak merasakan kram," jelas Laura Streicher.

4. Masturbasi dapat mengintensifkan orgasme

Morse pun mengatakan masturbasi dapat menambah potensi orgasme Anda. Menurutnya, masturbasi dapat mengajarkan bagaimana Anda mencapai puncak kenikmatan dan meningkatkan kesadaran seksual pada diri sendiri.

Kunci dari kesuksesan mencapai puncak kenikmatan adalah berani meluangkan waktu untuk mengeksplorasi anatomi tubuh dan mencari tahu bagaimana cara merangsangnya.

2 dari 3 halaman

5. Masturbasi meningkatkan kepercayaan diri

Beberapa wanita yang tidak dapat mencapai orgasme cenderung menyalahkan penampilan tubuh mereka sendiri. Morse mengatakan masturbasi hingga mencapai orgasme dapat membuat Anda menjadi lebih percaya diri. Hal ini karena masturbasi menumbuhkan pikiran positif terkait tubuh Anda.

6. Masturbasi terasa nikmat

Banyak wanita yang tidak pernah merasakan kenikmatan yang didapat dari masturbasi. Hal ini karena mereka belum pernah dan tidak tahu bagaimana melakukannya.

Morse menyarankan untuk memulai mengeksplorasi dengan sentuhan yang lembut. "Jangan langsung menuju klitoris," ujarnya. Morse pun menyarankan agar masturbasi dilakukan menggunakan pelumas, untuk menambahkan sensasi rasa nikmat dan terhindar dari iritasi yang berbahaya.

Artikel Selanjutnya
Jangan Konsumsi 10 Hal Ini Sebelum Berhubungan Seks, atau...
Artikel Selanjutnya
Trik Pakar Seks agar Erangan Bercinta Tak Terdengar Anak dan Mertua