Sukses

Hati-hati, 8 Tips Diet Populer ini Ternyata Keliru

Liputan6.com, Jakarta Umumnya, Anda melakukan program diet untuk menurunkan berat badan. Jika dilakukan dengan benar, diet tak hanya akan menurunkan berat badan, melainkan juga dapat membentuk pola hidup sehat.

Namun demikian, ternyata banyak kabar burung soal diet yang beredar justru tidak baik untuk dilakukan. Dilansir boldsky, Selasa (20/2/2018), berikut adalah tips diet keliru yang sebaiknya Anda hindari.

1. Diet bersifat sementara

Mungkin Anda sering mendengar banyak pendapat yang mengatakan diet hanya dilakukan hingga berat badan berhasil turun atau mencapai tujuan yang diinginkan, setelah itu berhenti.

Namun demikian, perlu Anda ketahui bahwa tips tersebut tidaklah benar. Hal ini karena diet harus dilakukan secara terus menerus agar berat badan dan pola hidup sehat dapat terus terjaga.

Jika Anda mencoba untuk menghentikan diet, bukan tidak mungkin masalah kesehatan Anda sebelumnya bisa kembali.

2. Berjuang menahan lapar

Hal ini banyak dilakukan oleh wanita. Masih banyak anggapan yang mengatakan diet dilakukan dengan mengurangi atau bahkan tidak makan sama sekali.

Hal ini tentu saja tidak benar, karena ketika tidak makan, proses metabolisme dalam tubuh akan terganggu. Jika dilakukan terus menerus, hal ini akan membuat penurunan berat badan di masa depan akan mengalami masalah. Tentu Anda tidak mau diet yang telah dilakukan sia-sia bukan?

 

Saksikan juga video berikut ini :

1 dari 3 halaman

Diet dengan mengonsumsi buah terlalu banyak pun tidak baik

3. Mengonsumsi buah terlalu banyak

Konsumsi buah secara teratur memang membawa dampak yang baik untuk kesehatan. Namun demikian, jika dikonsumsi dalam kadar yang berlebih, buah justru dapat menghancurkan program diet Anda.

Hal ini karena beberapa buah mengandung gula dan fruktosa yang tinggi. Oleh sebab itu, ketika menjalani program diet, ada baiknya untuk mengonsumsi buah secukupnya.

4. Semua kalori sama

Mungkin Anda kerap berpandangan 100 kalori es krim sama dengan 100 kalori semangkuk sayuran. Namun demikian, hal ini tidaklah benar karena kedua jenis makanan tersebut memiliki nutrisi dan dampak bagi tubuh yang berbeda.

Oleh sebab itu, berhati-hatilah untuk melakukan diet dengan menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

5. Tidak mengonsumsi lemak selamanya

Mitos diet yang umumnya banyak beredar di tengah masyarakat adalah melakukannya dengan tidak mengonsumsi makanan berlemak sama sekali. Memang benar berat badan akan turun lebih cepat. Namun, mengurangi lemak sehat yang masuk dalam tubuh dapat menyebabkan kekurangan gizi.

2 dari 3 halaman

Diet dengan minum air mineral sambil makan juga tidak benar

6. Meminum air mineral sambil makan

Mengikuti tips diet ini berarti akan membuat Anda mengonsumsi air berlebih saat makan. Hal ini justru tidak baik untuk dilakukan karena akan mengganggu sistem pencernaan. Jika diteruskan, bukan tidak mungkin masalah pencernaan akan muncul di kemudian hari.

7. Hindari makan setelah jam 8 malam

Banyak juga pendapat soal diet yang mengatakan pukul 8 malam adalah waktu terakhir untuk menikmati makan malam. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar, karena anjuran diet yang benar soal makan malam adalah konsumsi tiga jam sebelum waktu tidur. Hal ini berguna untuk memberi tubuh waktu yang cukup guna mencerna makanan sebelum tidur.

8. Berolahraga keras, makan pun banyak

Berolahraga secara intensif memang dapat membakar kalori yang ada dalam tubuh. Namun demikian, ketika Anda makan apapun yang diinginkan dan dalam porsi yang tidak teratur, potensi bertambahnya berat badan akan tetap ada. Selain itu, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami masalah pencernaan.

Artikel Selanjutnya
5 Kombinasi Makanan yang Fatal, tapi Masih Dilakukan Orang Indonesia
Artikel Selanjutnya
Diet Ala Kim Kardashian Dianggap Terburuk di 2018, Kenapa?