Sukses

Lancarkan Peredaran Darah dengan 5 Tanaman Herbal Ini

Liputan6.com, Jakarta Sistem peredaran darah pada manusia tergolong hal yang vital. Lantaran cairan berwarna merah ini merupakan sel pengangkut oksigen, nutrisi dan zat lain pada tubuh. Dikutip dari Step to Health, Rabu (14/2/2018), rusaknya sistem peredaran darah bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang besar.

Peredaran darah yang kacau dapat menyebabkan rasa sakit yang berat pada sendi, varises, kerusakan rambut dan kuku, luka yang sukar sembuh, dan sebagainya. Guna mengatasi hal tersebut, berikut adalah tanaman herbal yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kelancaran peredaran darah:

1. Gandarusa

Tanaman berdaun hijau ini memiliki zat yang disebut salicylin. Zat tersebut merupakan salah satu antikoagulan terbaik yang dimiliki alam. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat meminum air rebusan serutan kayu gandarusa.

Konsumsi teh gandarusa 30 menit sebelum sarapan pagi, dan darah akan mengalir dengan lebih baik.

2. Meadowsweet

Tak hanya indah, tanaman bunga yang satu ini pun dipercaya mampu mempercepat aliran darah Anda ketika terjadi gangguan pada pembuluh arteri. Lantaran tanaman meadowsweet mengandung senyawa antikoagulan dan antiinflamasi.

Serupa dengan gandarusa, Anda dapat mengonsumsi air rebusannya. Akan tetapi, minuman ini dapat Anda nikmati saat tengah hari. Hal ini akan menghindarkan Anda dari gejala kerusakan sistem peredaran darah.

 

Saksikan juga video berikut ini :

1 dari 2 halaman

Teh seledri dipercaya dapat melancarkan peredaran darah

3. Seledri

Tak hanya aromanya yang harum, seledri dapat mengatasi masalah sirkulasi darah yang buruk. Hal ini karena sifat diuretik dan detoksifikasi yang dimilikinya. Selain itu, senyawa yang terdapat pada seledri dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi urin. Hal ini tentu dapat membuat darah Anda jauh lebih cair.

Untuk mengonsumsinya, Anda dapat meminum air rebusan seledri sebanyak tiga cangkir teh setiap harinya.

4. Jelatang

Tanaman dengan daun bersisi tajam ini merupakan salah satu suplemen zat besi terbaik bagi Anda yang menderita anemia. Sifat antikoagulan dan vasodialator pada daun jelatang dapat meningkatkan aliran darah Anda.Anda dapat mengonsumsi teh jelatang dua kali sehari. Hal ini dapat mengatasi masalah peredaran darah pada tubuh Anda.

5. Bunga Linden

Bunga berwarna kuning ini sejak lama dipercaya dapat memperkuat pembuluh arteri dan mengatasi masalah peredaran darah. Selain itu, tanaman ini pun dapat menenangkan Anda dari stres karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Anda dapat meminum secangkir teh bunga linden sekali sehari saat tengah hari atau sebelum tidur.

 

Artikel Selanjutnya
10 Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Bahan Alami dengan Efektif
Artikel Selanjutnya
Puluhan Daftar Makanan Pasien Kanker yang Boleh dan Tidak Boleh Konsumsi