Sukses

Ahli Gizi Rekomendasikan Diet Ubi, Ini 4 Alasannya

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang ingin turunkan berat badan, bisa mencoba diet ubi sebagai salah satu alternatif. Diet ini dinilai baik, lantaran sebagai salah satu sumber karbohidrat, Anda akan tetap merasa kenyang lebih lama meski tidak menyantap nasi.

Ketua Bidang Riset Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI), Dudung Angkasa, S.Gz., M.Gz., mengungkapkan, setidaknya ada dua alasan diet ubi dianggap efektif untuk turunkan berat badan. Diwawancarai Health Liputan6.com, Rabu (7/2/2018), dia menjabarkan empat alasan tersebut, yaitu :

1. Ubi Jalar lebih volumnious dibandingkan nasi

Menjalankan program diet tidak harus menyiksa diri dengan kelaparan. Ketika menyantap ubi, Anda akan merasa lebih kenyang. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan jumlah karbohidrat yang sama dengan nasi, kita perlu mengonsumsi ubi dalam jumlah yang lebih banyak, seperti mengganti satu centong kecil nasi (100 gram) dengan 1 ubi jalar kuning berukuran sedang (135 gram).

2. Kandungan serat

Ubi jalar lebih kaya akan serat jika dibandingkan dengan nasi. Serat yang terdapat pada ubi menyebabkan bahan makanan ini lebih mudah dicerna dibandingkan dengan nasi. Hal ini lantaran fungsi serat yaitu mempercepat transit makanan di usus, sehingga lebih cepat dibuang dari dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan ubi jadi salah satu alternatif diet yang cepat turunkan berat badan.

 

Simak juga video berikut ini :

1 dari 2 halaman

Selain Turunkan Berat Badan, Diet Ubi Juga Dapat Menjaga Kesehatan Usus

3. Menjaga kesehatan usus

Tak hanya menurunkan berat badan, dengan melakukan diet ubi, Anda akan membantu usus terpelihara dengan baik. Hal ini dikarenakan ubi mengandung prebiotik seperti FOS (Frukto Oligosakarida), inulin, dan raffinosa. Ketiga kandungan tersebut akan dicerna oleh mikroflora usus yang baik, dan hasil cerna itulah yang akan menjaga kesehatan sel usus.

4. Berkalori lebih rendah

Ubi dan nasi memang memiliki jumlah kadar kalori yang berbeda. Seratus gram nasi mengandung 130 Kkal, sedangkan pada takaran yang sama, ubi jalar mengandung 90 Kkal. Hal inilah yang menyebabkan ubi menjadi salah satu pilihan terbaik dalam program menurunkan berat badan.

Artikel Selanjutnya
Tips Langsing Arumi Bachsin, Pantang Tolak Makanan
Artikel Selanjutnya
Ternyata 3 Hal Ini Dapat Merusak Program Diet Anda