Sukses

Jangan Takut, Bawang Merah Ini Enggak Bikin Bercucuran Air Mata

Liputan6.com, Jakarta Taburan bawang goreng di nasi goreng, mi goreng, soto, atau nasi putih panas tentu akan membuat rasanya semakin lezat.

Sayangnya, proses membuat bawang goreng terkadang membuat kita bercucuran air mata. Ya, senyawa di dalam bawang merah kerap membuat mata pedas ketika kita mengirisnya.

Kabar baiknya, kini Anda tak perlu lagi khawatir akan mencucurkan air mata ketika mengiris bawang merah. Laman New York Post mewartakan, bawang merah spesial itu akan masuk pasar dalam waktu dekat. Dan bukan berasal dari modifikasi genetika.

Bawang unik itu berasal dari riset puluhan tahun. Periset melakukan penelitian dan perkawinan silang antar varietas bawang berbeda.

Bawang tersebut mendapat sebutan "The Sunion". Teksturnya renyah dan rasanya cenderung manis. Dan pastinya bawang ini tak akan membuat Anda mengucurkan air mata. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

1 dari 2 halaman

Dikembangkan sejak '80-an

Seperti yang sudah disinggung di atas, bawang sunion ini dikembangkan melalui program perkawinan silang alami selama puluhan tahun.

Para petani bawang di Nevada dan Washington mulai mengerjakan proyek ini sejak tahun '80-an.

Alasan sunion tak menyebabkan perih di mata karena bawang ini tak melepaskan lachrymatory-factor synthase, senyawa yang mudah menguap yang membentuk asam sulfur ketika terkena air di mata sehingga memicu timbulnya air mata.

Saat ini sunion hanya dikembangkan di Nevada dan Washington, namun akan dipasarkan ke seluruh AS pada awal Maret.

"Para petani sunion saat ini tengah berkoordinasi dengan toko dan supermarket di seluruh AS, mencari lokasi terbaik untuk memasarkan produk baru ini," ujar juru bicara petani bawang sunion.

Artikel Selanjutnya
Cek Harga Bahan Pangan Jelang Akhir Pekan
Artikel Selanjutnya
DPR Minta Satgas Pangan Usut Dugaan Kartel Bawang Putih