Sukses

Sup Bawang Merah Ampuh Bersihkan Ginjal, Cek Faktanya Yuk

Liputan6.com, Jakarta Bawang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Mulai dari mengatasi batuk, flu, demam, menurunkan tekanan darah hingga mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun tahukah Anda, bawang merah juga bisa menyehatkan ginjal jika dikonsumsi sebagai sup?

Mengutip laman Step to Health, Jumat (1/12/2017), cara mudah untuk merawat organ ginjal adalah dengan mengonsumsi sup bawang selama sembilan hari.

Untuk membuat sup bawang, rebus irisan bawang merah dalam 2 liter air. Anda bisa menambahkan irisan peterseli untuk membantu membersihkan ginjal Anda lebih efektif. Konsumsi sup ini setiap setiap hari. Anda bisa membuat lebih banyak dan menyimpannya di kulkas paling lama dua atau tiga hari.

Sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan sedikit jus lemon ke dalam sup tersebut. Sangat disarankan agar Anda mengonsumsi setidaknya dua gelas pada waktu perut kosong setidaknya setengah jam sebelum sarapan pagi. Usahakan mengonsumsi sup bawang setiap hari sebelum tengah hari, agar tidak perlu buang air besar (BAB) pada malam hari.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

2 dari 2 halaman

Terapi sembilan hari

Menurut laman Step to Health, Anda bisa membersihkan ginjal dengan konsumsi sup bawang merah selama sembilan hari. Selain mengonsumsi sup, sebaiknya Anda juga melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Kurangi asupan garam dan makanan asin.

2. Kurangi konsumsi protein hewani terutama daging, susu dan produk olahan susu. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi asupan protein nabati. Misalnya kacang polong, telur dan ikan.

3. Hindari gula halus dan makanan bergula. Gunakan madu atau stevia untuk mempermanis.

Meski menyehatkan, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi kepada dokter jika Anda ingin menjalani terapi bawang selama 9 hari tersebut. Alasannya, tidak semua orang dapat beradaptasi untuk mengonsumsi bawang. Selain itu, hentikan pengobatan jika Anda mengalami gangguan pencernaan atau gangguan kesehatan lainnya.

Loading