Sukses

Prediksi Kondisi Kesehatan dari Usia Haid Pertama

Liputan6.com, Jakarta Masih ingatkah Anda kapan pertama kali Anda haid? Kebanyakan orang mungkin mengaku mendapatkan haid pertama kali saat berusia antara 14 hingga 17 tahun. Namun, ada juga yang sudah mendapatkan haid sejak usia 12 atau justru saat berusia lebih dari 15 tahun.

Penelitian mengungkapkan usia saat pertama kali wanita mengalami haid dapat menunjukkan banyak hal mengenai kesehatan wanita, seperti dikutip dari laman Boldsky, Jumat (6/10/2017).

Berikut ini beberapa kondisi kesehatan yang ditunjukkan dari usia wanita saat mendapatkan haid pertama kali.

1. Haid usia dini sisa menunjukkan masa remaja yang masih labil

Studi telah menunjukkan bahwa tingkat perhatian, dukungan, kepekaan dan keamanan perhatian orangtua yang lebih rendah mempengaruhi kondisi anak dan dampaknya bisa menyebabkan haid lebih awal.

2. Terlalu dini atau terlalu terlambat haid menunjukkan risiko penyakit jantung

Saat haid pertama Anda terjadi di luar jarak usia normal, ini menunjukkan Anda kemungkinan berisiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung.

3. Haid sebelum usia 12 berkaitan dengan kanker payudara

Menurut laman Boldsky, jika seseorang mendapatkan haid sebelum usia 12 tahun, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kanker payudara secara berkala untuk mencegah dan mendeteksi secara dini jika Anda mengalaminya.

 

Saksikan video menarik berikut : 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Haid setelah usia 12 menunjukkan Anda berpotensi hidup dengan umur panjang

Wanita yang mendapatkan haid pertama kali setelah usia 12 tahun memiliki usia lebih panjang dibandingkan wanita yang haid sebelum usia tersebut.

5. Usia haid pertama kali bisa menentukan usia menopause

Tak hanya menentukan kondisi kesehatan secara keseluruhan, usia haid pertama kali ternyata juga bisa memprediksi kapan wanita akan mengalami menopause.

Misalnya, haid sebelum usia 12 tahun menandakan bahwa menopause kemungkinan akan terjadi pada antara usia 40 dan 44 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.