Sukses

Mengapa Terasa seperti Ingin Kencing Saat Menyentuh Pusar?

Saat Anda menyentuh atau menekan jari tepat di pusar, Anda mungkin merasa sensasi aneh, seperti ingin kencing.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin merasakan suatu sensasi aneh ketika  menyentuh atau menekan pusar. Saat menyentuh pusar, Anda justru merasa seperti ingin kencing.

Menurut Christopher Hollingsworth dari NYC Surgical Associates, sentuhan pada pusar sebagai upaya merangsang lapisan perut. Hal ini membuat Anda berpikir merasa ingin kencing. Padahal, Anda sebenarnya tidak perlu kencing saat itu.

"Saat Anda menempelkan jari ke pusar. Itu akan mengirim sinyal dari serat pada lapisan perut yang lebih dalam, yang melapisi rongga perut bagian dalam ke sumsum tulang belakang," kata Hollingsworth, dikutip dari Huffington Post, Selasa (26/9/2017).

Sumsum tulang belakang yang berperan menyampaikan sinyal dari kandung kemih dan uretra akan terpengaruh dari sentuhan pada pusar. Maka, ini yang mengakibatkan munculnya rasa seperti ingin kencing.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serat dalam lapisan perut

Hollingsworthn juga menjelaskan, mengapa sensasi seperti ingin kencing tidak terjadi saat menyentuh atau menekan kulit di sekitar area pusar.

"Jika Anda menekan di sekitar area pusar, itu tidak akan memberi Anda sensasi ingin kencing. Karena Anda tidak menyentuh serat dalam lapisan perut, yang terdapat di balik lapisan otot. Sementara itu, serat pada lapisan perut yang merangsang ingin kencing berada tepat di pusar," ujarnya.

Agar serat dalam lapisan perut di pusar dapat terangsang baik, yang terbaik adalah membersihan pusar menggunakan kapas dan sedikit alkohol untuk menghilangkan kotorannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.