Sukses

Suara Perokok Mendadak Serak Tanpa Pilek, Tanda Kanker?

Liputan6.com, Jakarta Para perokok yang mendadak mengalami perubahan suara menjadi serak tanpa disertai batuk dan pilek sebaiknya langsung ke dokter. Jangan diabaikan karena bisa jadi itu merupakan tanda awal dari kanker laring.

Apalagi kalau kondisi suara serak diringi dengan sakit tenggorokan, sulit atau sakit saat menelan, dan memiliki benjolan di leher. Menurut Dr Zainal Adhim SpTHT-KL(K) PhD itu adalah tanda-tanda dari adanya kanker laring.

Hal ini disampaikan Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan, Kepala dan leher, Konsultan Laringofaringologi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta Selatan, dalam sebuah diskusi Waspadai Suara Serak pada Rabu, 13 September 2017.

Laring adalah bagian yang mempunyai fungsi penting dalam proses berbicara dan bernapas seseorang. Saat seseorang mengidap kanker laring, itu berarti ada tumor yang tumbuh pada bagian laring.

Penyebab kanker laring ini memang belum diketahui secara pasti. Namun, sama halnya seperti beberapa jenis kanker yang lain, faktor yang diduga menyebabkan kanker laring adalah merokok.

"Merokok itu bisa jadi pemicu utama kanker laring," kata dia.

Begitu juga dengan pencegahan kanker laring. Ada baiknya mengubah gaya hidup dan pola makan sehari-hari, serta yang paling penting berhenti merokok.

Zainal kemudian mengimbau, jika Anda atau keluarga Anda mengalami sejumlah gejala seperti sakit tenggorokan yang berlangsung lama, ada baiknya jangan menunda untuk memeriksakan diri ke dokter.

  • Pilek adalah kondisi dimana terjadi infeksi ringan pada hidung. Biasanya ditandai dengan terjadinya sumbatan pada hidung dan saluran nafas.
    Pilek
  • Kanker laring cukup umum terjadi. Ini adalah jenis kanker yang tumbuh di laring.
    Kanker Laring
  • Gangguan suara dapat terjadi karena berbagai penyebab. Salah satu gangguan suara yang cukup sering ditemui adalah suara serak.
    Suara Serak
  • Batuk
Artikel Selanjutnya
Pantangan Terbesar Setelah Sahur dan Buka Puasa Adalah...
Artikel Selanjutnya
Jangan Sepelekan, Sakit Gigi Bisa Berujung Sakit Jantung