Sukses

Tangkis Keriput dengan Rias Wajah Minimalis

Rias wajah Anda dengan makeup yang tidak tebal agar kulit lembut di sekitar mata tidak tertarik dan menyebabkan keriput.

Liputan6.com, Jakarta Makeup dapat meningkatkan kepercayaan diri wanita. Selain itu, riasan di wajah juga dapat menunjang penampilan wanita. Saat merias wajah, sering kali wanita mengaplikasikan semua produk kecantikan mulai dari foundation, bedak, primer eyeshadow, dan pemerah pipi yang berlebihan. Padahal, alangkah bijaknya kalau pakai trik rias wajah minimalis. 

Memakai makeup memang tidak ada salahnya, tapi jika digunakan terlalu tebal dapat menimbulkan beberapa risiko. Semakin tebal makeup yang diaplikasikan pada wajah, semakin besar kemungkinan Anda akan mengalami risiko ini, seperti yang dilansir dari laman The List, Jumat (25/8/17).

Pori-pori tersumbat

Makeup menutupi pori-pori wajah dan bisa menyebabkan iritasi kulit dan jerawat.

"Hasil yang paling mungkin dari makeup tebal adalah pori-pori tersumbat dan iritasi kulit," ucap Diane Elizabeth, pakar kecantikan dan pendiri Skin Care Ox.

Menutupnya pori-pori wajah dapat menyebabkan komedo dan jerawat. Pastikan untuk mencuci muka dengan baik setiap malam untuk memberi ruang pada pori-pori.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cegah risiko infeksi

Bukan hanya alat rias yang harus dibersihkan, tas makeup juga harus dijaga kebersihannya. Bakteri dapat tumbuh dalam sekali penggunaan, alat rias yang mendekati mata, seperti gagang maskara sangat rentan terhadap pengembangan bakteri berbahaya. Makeup yang tebal dapat menyentuh pintu masuk ke tubuh kita, seperti mata dan mulut, jadi kita bisa menelan bakteri itu dan menjadi sakit.

Semakin banyak makeup yang diaplikasikan pada wajah, semakin banyak kesempatan untuk terinfeksi. Untuk mencegah hal ini, pastikan untuk membuang produk make up lama dan tidak pernah berbagi produk atau alat dengan teman.

3 dari 3 halaman

Usir Keriput

Semakin kita menyentuh kulit dan menerapkan makeup, akan semakin berisiko keriput.

"Menggosok dan menarik kulit halus di sekitar mata menyebabkan kelopak mata kehilangan elastisitas dan menjadi lebih keriput," kata Dermatologist, Jessica Weiser kepada Glamour.

Jadi saat Anda memakai rias wajah terlalu tebal, kulit lembut di sekitar mata Anda semakin tertarik, sehingga menyebabkan keriput.

"Kulit di sana jauh lebih halus daripada bagian wajah lainnya, sehingga menarik benar-benar bisa merusak kolagen dan menghancurkan kapiler," kata facialis holistik, Isabelle Bellis kepada Glamour.

Cukup gunakan sedikit riasan pada mata. Pakai makeup wajar saja, namun harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika menghadiri acara pernikahan, mungkin Anda bisa mengenakan rias wajah yang menonjol. Kalau hanya bepergian sebentar, sebaiknya aplikasikan rias wajah secara minimalis agar tidak merusak kulit wajah.

(Michelle Tania)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Keriput adalah salah satu proses penuaan yang normal terjadi pada semua orang. Keriput dapat terjadi pada seluruh kulit pada tubuh.

    keriput

  • Rias Wajah