Sukses

Tenang, Sayur dan Buah Ini Tak Akan Membuat Perut Kembung

Liputan6.com, Jakarta Meski sayur dan buah dapat melengkapi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh namun beberapa jenis diantaranya dapat memicu kembung.

Sayuran seperti brokoli, bayam, kangkung misalnya mengandung FODMAPs, karbohidrat yang menghasilkan gas dalam perut. Meskipun sayuran ini kaya akan vitamin K, kalsium, dan zat besi, semestinya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Namun beberapa lainnya ternyata tak perlu Anda khawatirkan. Ahli diet klinis, Marina Chaparro, RDN mengatakan, jika perut Anda sensitif, mungkin sebaiknya tidak mengonsumsi sayuran mentah.

Langkah cerdas lainnya adalah selektif memiliki sayuran, seperti dikutip Prevention, Minggu (2/7/2017) berikut:

1. Mentimun

Dari sudut pandang nutrisi, mentimun menawarkan banyak vitamin dan antioksidan terutama jika Anda mengunyahnya. Tapi tak seperti sayuran lain, serat pada mentimun cenderung lebih rendah. Tapi sayuran ini juga mengandung 95 persen air yang akan mengantisipasi kembung.

2.Asparagus

Batang sayur hijau ini memiliki asam amino yang berperan sebagai diuretik alami.

3. Alpukat

Alpukat kaya akan potasium yang dapat mengimbangi efek kembung. Ditambah lagi lemak sehatnya sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan penutup yang akan membuat Anda terhindar dari kembung.

4. Zucchini

Sayuran ini merupakan pilihan yang baik bagi orang-orang yang perutnya sensitif.

5. Kubis

Cobalah beberapa sayuran fermentasi seperti kubis. Sayur ini juga akan mencegah kembung.