Sukses

Terlambat Makan Malam Perburuk Kesehatan?

Hindari terlambat makan malam.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang meyakini, makan maupun mengemil saat malam hari akan memengaruhi ukuran pinggang. Terutama bagi Anda terlambat makan malam setelah pukul 8 malam.

"Metabolisme dan hormon diprogram untuk mampu melakukan pekerjaan saat Anda aktif. Kemudian menyimpan, membangun, dan memulihkan energi pada malam hari saat beristirahat. Artinya, Anda harus menjaga metabolisme sebaik mungkin. Terlambat makan malam bisa mengganggu keseimbangan metabolisme tubuh,"ungkap ahli diet Susie Burrell, ditulis dari Coach Nine, Sabtu (3/6/2017).

Idealnya, makan sebaiknya dilakukan di siang hari. Lalu membiarkan tubuh memulihkan energi sekitar 10-12 jam tanpa makanan pada malam hari.

Jika tidak tahan mengemil antara jam makan malam dan sebelum tidur, coba tanyakan dulu pada diri sendiri, apakah Anda benar-benar lapar atau Anda hanya ingin mencoba mengisi waktu?

"Jika Anda benar-benar lapar, tidak apa-apa untuk mengambil kudapan. Namun jika Anda hanya ingin mencari sesuatu untuk dilakukan, coba sibukkan diri Anda dengan buku, majalah, atau kegiatan lainnya agar tidak mengemil,” ujar pelatih kesehatan bersertifikat, Nicole Granato, mengutip Womenshealth.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.