Sukses

Kakao Turunkan Risiko Gagal Jantung

Menurut penelitian dengan memakan "dark choclate" dapat menurunkan risiko gagal jantung.

Liputan6.com, Los Angeles: Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang suka makan "dark chocolate" kemungkinan terkena gagal jantung sangatlah kecil. Untuk menentukan hubungan antara kakao dan gagal jantung, para peneliti di Harvard Medical School mempelajari kebiasaan mengkonsumsi cokelat bagi 31.823 wanita Swedia yang berusia 48-83 tahun selama sembilan tahun.

Temuan menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 1-3 porsi kakao (20 sampai 30 gram) perbulan memiliki penurunan risiko gagal jantung sebesar 32 persen, dibandingkan dengan wanita yang tidak makan kakao secara teratur. Namun, jika perempuan terlalu banyak makan coklat (satu atau dua porsi seminggu) kemungkinan efek perlindungannya hilang.

Dr Murray Mittleman, penulis penelitian senior, menyatakan, "Konsumsi kakao bagi wanita erat kaitannya dengan penurunan risiko gagal jantung, jika dikonsumsi dalam jumlah kecil yaitu kurang dari satu porsi sehari. Apabila dikonsumsi secara berlebihan kakao juga akan memiliki pengaruh buruk."

Kakao yang diukur dalam penelitian ini sebagian besar merupakan kakao hitam berkualitas tinggi tanpa banyak tambahan gula. Semakin tinggi isi kakao semakin baik. Isi kakao yang dikonsumsi oleh perempuan dalam penelitian ini adalah sekitar 30 persen, sedangkan di Amerika Serikat, kakao yang diperlukan mengandung 15 persen.(xinhua/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini