Sukses

Naik 10 Anak Tangga Sehari Pangkas Risiko Kematian Dini

Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan rutin berlatih menaiki anak tangga.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bila menaiki 10 anak tangga sehari bisa mencegah risiko kematian dini hingga 33 persen?

Ya, jika biasanya Anda lebih memilih menggunakan lift untuk mencapai lantai kantor Anda, sebaiknya mulai hari ini mengombinasikannya dengan naik tangga. Efek menaiki anak tangga sama dengan berolahraga. Bahkan ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan rutin menaiki anak tangga.

Berikut lima manfaat naik tangga, dikutip dari laman Times of India, Senin (10/4/2017):

Meningkatkan kesehatan jantung

Kegiatan menaiki anak tangga secara otomatis melatih kesehatan kardiovaskular sehingga mengurangi risiko serangan jantung.

Mengencangkan tubuh

Ketika Anda menaiki anak-anak tangga, otot quadricep, hamstring, dan betis. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi mereka yang pekerjaannya cenderung menyebabkan gaya hidup sedentary.

Membakar kalori

Tubuh akan bekerja lebih keras saat Anda bergerak ke arah berlawanan dari gravitasi. Hal itu akan membuat tubuh membakar kalori lebih banyak. Menurut sebuah studi, kalori akan lebih banyak terbakar saat Anda menaiki tangga ketimbang jogging.

Meningkatkan mood

Berlatih menaiki tangga meningkatkan produksi endorfin sehingga Anda terhindar dari stres.

Bisa dilakukan di mana saja

Anda tak perlu membayar mahal untuk bisa berolahraga naik-turun tangga. Anda pun tak perlu menggelar alas untuk melakukan latihan ini. Yang Anda perlukan hanyalah undak-undakan atau tangga terdekat yang bisa Anda temukan.

Ya, berlatih menaiki anak-anak tangga di kantor atau pun di rumah mendatangkan banyak manfaat kesehatan. Hanya saja, bagi Anda yang memang memiliki masalah pada lutut, sebaiknya hindari latihan ini atau konsultasikan lebih dulu dengan dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.