Sukses

Olahraga Tepat Sekaligus Aman untuk Penderita Cedera Lutut

Kondisi cedera lutut bukanlah suatu penghalang untuk seseorang beraktivitas olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Cedera di bagian lutut tentunya tidak menyenangkan. Kondisi yang disebabkan oleh tekanan berlebih pada ligamen yang memicu perenggangan jarak antar tulang ini akan membuat penderitanya kesulitan berjalan normal.

Kerapkali rasa sakit disertai rasa ngilu terasa di bagian tersebut. Banyak dari mereka yang menderita cedera lutut memutuskan untuk tidak banyak bergerak lantaran khawatir kondisinya akan semakin buruk.

Namun sebetulnya, cedera lutut tidak boleh dianggap sebagai hal yang membatasi gerak seseorang. Dengan kondisi tersebut, penderita seharusnya tetap aktif berolahraga atau melakukan gerakan olahraga tertentu agar rasa nyeri dan tidak nyaman tidak berkepanjangan.

Memang sangat disarankan untuk penderita cedera lutut menghindari olahraga yang melibatkan gerakan-gerakan berat yang bisa membebani bagian lutut. Namun, masih banyak jenis olahraga dan latihan gerakan fisik lain yang tergolong aman dan justru bisa membantu memulihkan lutut yang cedera.

Seperti diinformasikan di laman Muscle and Fitness, Selasa (7/2/2017), beberapa jenis olahraga seperti berenang, pilates, dan yoga bisa membantu mengurangi resiko cedera lutut semakin parah, bahkan dapat mengurangi gangguan nyeri pada lutut yang cedera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pulihkan cedera otot di rumah

Kemudian untuk gerakan-gerakan sederhana yang bisa dilakukan di rumah secara rutin seiring dengan proses penyembuhan cedera lutut, penderita bisa coba trik di bawah ini:

Langkah pertama: pemanasan seperti biasa selama 10 menit.

Langkah kedua: box squat 8 kali repetisi

Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan tekuk kedua lutut ke posisi setengah jongkok. Posisikan kedua tangan di depan tubuh dan tekan kedua telapak tangan secara bersamaan. Melangkah ke samping dengan satu kaki sejauh mungkin dan tetap pada posisi berjongkok. Gerakkan kaki yang lain ke sisi tersebut untuk kembali ke posisi awal.

Selanjutnya, langkahkan satu kaki sejauh mungkin ke belakang, lalu ikuti dengan kaki lainnya. Melangkah ke sisi yang lain dengan kaki yang lain, lalu ikuti dengan gerakan kembali ke posisi awal. Terakhir, melangkah ke depan dengan kaki luar, ikuti dengan kaki sebelah dalam. Saat ini Anda seharusnya sudah kembali ke posisi awal setelah membuat bentuk kotak dengan langkah-langkah Anda.

Langkah ketiga: reverse lunge 10 kali repetisi

Berdiri tegak dengan satu kaki pada sliding disc. Letakkan kedua tangan di pinggul dan atur posisi kaki terbuka selebar bahu. Ini adalah posisi awal Anda. Geser kaki pada disk ke belakang dan turunkan pinggul, sehingga lutut yang lain tertekuk 90 derajat. Berhenti sejenak, lalu lakukan gerakan sebaliknya untuk kembali ke posisi awal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini