Sukses

5 Cara Mudah untuk Lebih Mencintai Tubuh Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Adakalanya kita terlalu kritis menilai tubuh sendiri. Kesal karena ada jerawat atau selulit, apalagi saat melihat tubuh orang lain yang mulus dan indah. Sementara, Anda seakan-akan benci terhadap tubuh sendiri.

Namun, menjelek-jelekkan tubuh sendiri harus dihentikan. Tubuh Anda mampu melakukan hal-hal menakjubkan. Anda bisa bergerak, bernapas, mengecap, dan mencium bau. 

Untuk membangun rasa mencintai terhadap tubuh sendiri, beberapa tips berikut yang ditulis Cheat Sheet, Selasa (31/1/2017) dapat membantu Anda.

1. Berhenti mengkritik diri sendiri

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghentikan kebiasaan mengkritik diri sendiri. Ketika Anda melihat cermin, berhenti memeriksa selulit atau flek di wajah Anda. Berhentilah berpikir, "Saya membenci pinggul," berganti dengan "Bokong saya terlihat bagus saat memakai jeans ini" atau "Saya mencintai mata sendiri."

2. Perlakukan diri sendiri sebagaimana Anda memperlakukan orang lain

Jika Anda bisa memuji tubuh orang lain, kenapa tidak Anda lakukan serupa pada diri Anda sendiri.Kemudian buatlah target untuk berbicara tentang tubuh sendiri sesuai apa yang Anda inginkan dalam hidup.

2 dari 3 halaman

Lebih memerhatikan perasaan pribadi

3. Lebih memerhatikan perasaan pribadi

Perhatikan reaksi tubuh saat Anda melakukan atau makan sesuatu. Misal, apakah Anda merasa gemuk setelah makan es krim?

Jika tidak, mengapa perasaan itu muncul di dalam pikiran Anda? Jika Anda mendengarkan, tubuh Anda akan menceritakan apa yang harus Anda lakukan dan apa saja hal yang tidak dirasakan baik.

Cobalah mengonsumsi makanan dan lakukan aktivitas yang membuat tubuh merasa baik. Ketika Anda berfokus agar tubuh menjadi bahagia dan sehat, berat badan Anda secara alami akan turun.

4. Berhenti membandingkan diri sendiri

Kebiasaan merasa iri atau cemburu melihat tubuh orang lain bisa berbahaya. Tatkala Anda terus menerus memikirkannya lalu membandingkan diri sendiri akan merusak kenyamanan diri sendiri.

Ingat, tiap orang yang tampak begitu sempurna di mata Anda bisa saja mereka mempunyai masalah ketidaknyaman dan penampilan tubuh diri sendiri, yang tentunya tidak Anda ketahui.

3 dari 3 halaman

Lakukan hal baik

5. Lakukan hal-hal yang membuat Anda merasa baik

Manjakan diri dengan aktivitas yang membuat Anda merasa seksi dan percaya diri. Ambil waktu yang lama dengan mandi air panas dan berendam diri dengan busa dan minyak kelapa.

Anda juga bisa tidur pakai baju tidur yang seksi, menghabiskan sore hari di kolam renang atau mengambil kelas yoga.

Lakukan apapun yang membuat Anda merasa baik mengenai diri sendiri sehingga segala hal negatif dan kebencian terhadap diri sendiri akan mulai berkurang.

Loading